Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity


Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity

Jelaskan menurut pendapat masing-masing, perbedaan dari laporan keuangan konsolidasi dengan laporan keuangan bukan konsolidasi!

Daftar Isi

1. Jelaskan menurut pendapat masing-masing, perbedaan dari laporan keuangan konsolidasi dengan laporan keuangan bukan konsolidasi!


Jawaban:

apa perbedaan laporan keuangan desa dan laporan keuangan pemerintah/daerah

2. Apakah perusahaan harus membuat kedua laporan keuangan, yaitu laporan keuangan konsolidasi dan laporan keuangan biasa?


Jawaban:

iya

Penjelasan:

Jurnal Enterpreneur Coba Gratis Jurnal

Search here ...

Search

PANDUAN AKUNTANSI

Kenapa Laporan Keuangan Penting untuk Perusahaan?

Sebagai pemilik usaha, pasti Anda sering mendengar tentang laporan keuangan perusahaan. Hal ini merupakan bagian dari perusahaan dan pemilik usaha tidak bisa menyepelekan laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan adalah dokumen penting perusahaan yang tidak dapat dilewatkan. Setiap perusahaan menggunakan laporan keuangan untuk melihat bagaimana kondisi perusahaan selama periode tertentu.

Laporan keuangan memiliki beberapa data di dalamnya seperti faktur, bon, nota kredit, laporan, bank dan lain sebagainya. Sumber data tersebut diolah agar menjadi laporan keuangan yang jelas dan detail. Setiap data transaksi yang tercatat akan menjadi bukti keabsahan transaksi dalam bisnis selama periode tertentu. Jadi dapat disimpulkan bahwa laporan keuangan adalah laporan yang memberikan informasi tentang kondisi keuangan suatu perusahaan dalam periode waktu tertentu.

maaf kalo salah

3. mengapa harus di sajikan laporan keuangan konsolidasi


Agar dapat memberikan gambaran yang obyektif dan sesuai atas keseluruhan posisi dan aktivitas dari satu perusahaan (economic entity) yang terdiri atas sejumlah perusahaan yang berhubungan istimewa, dimana laporan konsolidasi keuangan diharapkan tidak boleh menyesatkan pihak-pihak yang berkepentingan dan harus didasarkan pada substansi atas peristiwa ekonomi juga. 

4. Apa saja keterbatasan atau kekurangan laporan keuangan konsolidasi?


Jawaban:

Detail Laporan Keuangan Konsolidasi

Laporan Keuangan Konsolidasi

Apa Itu Laporan Keuangan Konsolidasi?

Laporan keuangan konsolidasi adalah laporan yang menyajikan posisi keuangan dari hasil operasional untuk induk perusahaan dan beberapa anak perusahaan, seakan-akan institusi-institusi tersebut merupakan satu perusahaan. Dalam laporan keuangan konsolidasi, laporan keuangan perusahaan-perusahaan tersebut digabungkan dengan menjumlahkan unsur-unsur yang sejenis seperti

aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan beban.

Manfaat Laporan Keuangan KonsolidasiUntuk kepentingan jangka panjang yang akan berefek anak perusahaan terhadap induk.Memberikan informasi terkini bagi manajemen induk perusahaan terhadap kinerja anak perusahaan.Kepentingan informasi pihak ketiga (pihak luar).

Keterbatasan Laporan Keuangan KonsolidasiKinerja keuangan anggota perusahaan yang kurang baik akan tertutupi, sehingga hasil yang disajikan kurang nyata.Rasio keuangan tidak mencerminkan rasio keuangan perusahaan secara individual.Ketidaktepatan penyusunan rekening akuntansi seluruh perusahaan.Catatan laporan keuangan perusahaan individu kurang lengkap.

5. Jelasakn yang dimaksud dengan laporan arus kas konsolidasi dengan menggunakan metode langsung dan metode tidak langsung


Jawaban:

Pada metode langsung, penyusunannya dilakukan berdasarkan pada buku kas/bank.

Sedangkan pada metode tidak langsung, penyusunannya dilakukan berdasarkan laporan laba-rugi dan neraca.

Penjelasan:

Kalo salah sryya!!!kalo bener jadiin jawaban terbaik><


6. Mengapa transfer persediaan antara pihak yang berhubungan istimewa harus di elimansi dalam penyusunan laporan keuangan konsolidasi


Pada saat penyusunan laporan keuangan

konsolidasi beban dan pendapatan tersebut harus dieliminasi. Image of page 5. TRANSFER ...

Penjelasan:

maaf ngga tau lanjut nyA


7. apa yang di maksud laporan posisi keuangan(entitas induk) dan apa yang dimaksud dengan laporan posisi keuangan. konsolidasian


1. Laporan posisi keuangan adalah bagian dari laporan keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada satu periode akutansi yang menunjukkan posisi keuangan entitas tersebut pada akhir periode tersebut. 2. Laporan yang menyajikan posisi keuangan dan hasil operasi untuk induk perusahaan(entitas pengendali) dan satu atau lebih anak perusahaan(entitas yang dikendalikan) seakan akan entitas entitas individual tersebut merupakan satu entitas atau perusahaan satu perusahaan.

8. Mengapa perusahaan harus menyusun laporan keuangan konsolidasi


untuk memberikan gambaran objektif secara keseluruhan mengenai posisi keuangan dan aktivitas dari suatu kelompok perusahaan (induk dan anaknya) sehingga bisa dipahami oleh pihak-pihak yang berkepentingan (investor, auditor, dsb).

9. apa yang menyebabkan munculnya laporan keuangan konsolidasi


TEKNIK DAN PROSEDUR KONSOLIDASI

Pada umumnya proses konsolidasi dipengaruhi metode akuntansi yang digunakan perusahaan induk untuk mencatat investasinya dalam perusahaan anak.
Prosedur Konsolidasi diatur dalam PSAK No. 4 (Paragraf 8,21 & 23) antara lain dinyatakan bahwa dalam menyusun Laporan Keuangan Konsolidasi Laporan Keuangan Induk Perusahaan (Parent Company) dan Anak Perusahaan (Subsidary Company) digabungkan satu persatu dengan menggabungkan unsur-unsur yang sejenis dari Aktiva, Kewajiban, Ekuitas, Pendapatan dan Beban.
Adapun prosedur penyusunan Laporan Keuangan Konsolidasi Dijelaskan lebih terperinci lagi, yaitu:

1. Mengeliminasi semua rekening timbal balik (Reciprocal Account)
Eliminasi dilakukan melalui jurnal eliminasi dengan mengeliminasi rekening-rekening yang bersifat rekening timbal balik, yaitu suatu rekening yang dicatat oleh kedua belah pihak (induk dan anak) untuk suatu transaksi yang sama.
2. Menyusun Kertas Kerja (Worksheet).
Worksheet digunakan untuk memepermudah penyusunan laporan keuangan Prosedur penyusunan worksheet tergantung pada dasar yang dipakai, yaitu Laporan Keuangan Individual atau Neraca Saldo Individual.

Dalam penyusunan Laporan Keuangan Konsolidasi antara Induk Perusahaan dan Anak Perusahaan dapat digunakan 3 (tiga) metode yaitu:
A. Metode Ekuitas (Equity Method)
B. Metode Ekuitas Tidak Lengkap
C. Metode Harga Perolehan (Cost Method)

A. Konsolidasi dengan Metode Ekuitas (Equity Method)

Berbagai pendekatan konsolidasi dan setiap kombinasi penyesuaian serta eliminasi akan menghasilkan jumlah yang benar bagi laporan keuangan konsolidasi. Ayat jurnal penyesuaian dan eliminasi yang disajikan dalam kertas kerja tidak mempengaruhi akun buku besar perusahaan induk maupun perusahaan anak. Penyesuaian atau eliminasi akun atau saldo hanya berarti bahwa jumlah yang tercamtum pada kolom – kolam perusahaan terpisah dalam kertas kerja (1) disesuaikan sebelum dimasukan dalam kolom laporan konsolidasi atau (2) dieliminasi dan tidak disajikan pada kolom laporan konsolidasi.
Laba ditahan konsolidasi awal
Ditambah : laba bersih konsolidasi
(atau dikurangi rugi bersih konsolidasi)
Dikurangi : Deviden perusahaan Induk .
Laba ditahan konsolidasi akhir
Dalam format kertas kerja, baris laba bersih diturunkan ke bagian laba Laba ditahan kertas kerja tanpa penyesuaian lebih lanjut. Demikian juga, baris labaditahan akhir diturunkan ke bagian Neraca, yang sekali lagi tanpa penyesuainan atau eliminasi lebih lanjut. Perhatikan bahwa setiap baris dalam kerja akan menghasilkan jumlah konsolidasi dengan menjumlahkan saldo akun perusahaan induk serta perusahaan anak dan kemudian atau mengurangkan penyesuaian serta eliminasi secara layak. Laba bersih dan laba ditahan perusahaan induk menurut metode akuntansi ekuitas yang lengkap adalah sama dengan laba ditahan konsolidasi.
Konsep dasar dari metode ekuitas pada dasarnya memandang investasi Induk Perusahaan terhadap Anak Perusahaan sebagai sesuatu penyertaan modal sehingga jika aktiva bersih Anak Perusahaan berubah karena kegiatan operasionalnya, secara otomatis akan menyebabkan perubahan pada nilai investasi induk Perusahaan. Data Pencatatan investasi saham pada Anak Perusahaan dengan metode ekuitas, didasarkan pada suatu anggapan investasi pada Anak Perusahaan sejajar dan sama dengan investasi pada perusahaan-perusahaan cabangnya. Alasan diterapkannya metode ekuitas juga didasarkan atas suatu fakta bahwa Induk Perusahaan dan Anak Perusahaan merupakan bagian-bagian dari satu kesatuan usaha, seperti halnya hubungan antara Kantor Pusat dan Cabang-Cabangnya. Oleh sebab itu perubahan-perubahan yang terjadi didalam hak-hak pemegang saham pada Anak Perusahaan harus diakui dan dicatat oleh Induk Perusahaan, untuk dapat mengikuti dan melaporkan posisi keuangan dan perkembangan usahanya secara lengkap.
Nilai investasi Induk Perusahaan terhadap Perusahaan akan meningkat jika Anak Perusahaan memperoleh laba bersih

10. jelaskan kegunaan dan keterbatasan laporan keuangan konsolidasi


Kegunaan dan keterbatasan laporan keuangan konsolidasi akan dijabarkan di bawah ini.

Pembahasan

Laporan keuangan konsolidasi adalah laporan yang menyajikan posisi keuangan dan hasil operasi untuk induk perusahaan (entitas pengendaliaan) dan satu atau lebih anak perusahaan (entitas yang dikendalikan) seakan-akan entitas-entitas individual tersebut merupakan satu entitas atau perusahaan satu perusahaan.

Tujuan laporan keuangan konsolidasi adalah memberikan gambaran yang objektif dan sesuai atas keseluruhan posisi dan aktivitas dari suatu perusahaan, dimana laporan konsolidasi keuangan diharapkan tidak boleh menyesatkan pihak-pihak yang berkepentingan dan harus didasarkan pada ketentuan akuntasi yang berlaku.

Kegunaan laporan keuangan konsolidasi adalah :

1. Untuk kepentingan jangka panjang, efek anak perusahaan terhadap induk

2. Memberikan informasi terkini bagi manajemen induk perusahaan tehadap kinerja grup (anak) perusahaan

3. Kepentingan informasi pihak luar

Keterbatasan Laporan Keuangan Konsolidasi  adalah :

a.    Kinerja keuangan anggota perusahaan yang tidak bagus akan tertutupi.

b.    Tidak semua saldo laba ditahan konsolidasi tersedia untuk dividen induk perusahaan, begitu pula dengan aktiva.

c.    Rasio keuangan yang terbentuk tidak mencerminkan kondisi entitas yang membentuk konsolidasi maupun induk perusahaan.

d.    Beberapa akun tidak dapat seluruhnya dibandingkan, misalnya akun piutang

e.    Banyaknya informasi tambahan yang dibutuhkan untuk memberikan penyajian yang wajar, sehingga catatan atas laporan keuangan menjadi sangat banyak.

Pelajari lebih lanjut

Demikian pembahasan mengenai kegunaan dan keterbatasan laporan keuangan konsolidasi. Untuk mempelajari lebih lanjut dapat dibaca secara lengkap pada link brainly di bawah ini :

1. Materi tentang yang menyebabkan munculnya laporan keuangan konsolidasi brainly.co.id/tugas/8978120

2. Materi tentang perbedaan laporan keuangan PSAK ETAP dan PSAK brainly.co.id/tugas/5789644

3. Materi tentang laporan keuangan brainly.co.id/tugas/20224707

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Detil Jawaban  

Kelas : X (SMA)  

Mapel : Ekonomi

Bab : Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya

Kode : 10.12.1

Kata kunci : laporan keuangan konsolidasi


11. mengapa laporan keuangan konsolidasian hanya dibuat oleh perusahaan yg memiliki anak perusahaan ?​


Jawaban:

agaaarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

12. 1.Apa yang dimaksud dengan konsolidasi ? 2. Bagaimana prosedur konsolidasi dilakukan? Jelaskan! 3. Apakah sebelum konsolidasi dilakukan harus terlebih dahulu melakukan rekonsiliasi untuk system pencatatan yang bersifat sentralisasi? Jelaskan alasannya! 4. Apa yang dimaksud dengan jurnal eliminasi? 5. Sebutkan transaksi apa saja yang harus dimasukkan ke dalam jurnal eliminasi untuk konsolidasi bersumber dari laporan keuangan! 6. Sebutkan transaksi apa saja yang harus dimasukkan ke dalam jurnal eliminasi untuk konsolidasi bersumber dari neraca saldo! 7. Apa perbedaan antara jurnal eliminasi dengan metode perpetual dan metode fisik? Mana yang lebih mudah? 8. Sebutkan langkah-langkah atau prosedur membuat kertas kerja! 9. Materi pembuatan Laporan Keuangan Konsolidasi berasal dari dua sumber, sebutkan!


Jawaban:

1.Konsolidasi adalah sebuah usaha untuk menyatukan dan memperkuat hubungan antara dua kelompok atau lebih untuk membentuk suatu entitas yang lebih kuat.

2.tidak tahu

3.tidak tahu

4.Buku besar pembantu digunakan untuk mencatat rincian rekening tertentu yang ada dibuku besar, yaitu piutang, persediaan, investasi jangka panjang, aktiva tetap dan utang. ... Jurnal eliminasi adalah jurnal dibuat dengan tujuan untuk mengeliminasi (menghilangkan) saldo semua rekening timbal balik antara Pemda dan dinas.

5.tidak tahu

6.tidak tahu

7.Perbedaan metode fisik dengan metode perpetual adalah metode fisik merupakan pencatatan persediaan hanya dilakukan pada akhir periode akuntansi melalui ayat jurnal penyesuaian sedangkan metode prepetual merupakan pencatatan persediaan dilakukan setiap terjadi transaksi yang memengaruhi persediaan.

8.Susunan langkah-langkah membuat kertas kerja

membuat kertas kerja yang terdiri dari neraca saldo, ayat jurnal penyesuaian, neraca saldo setelah disesuaikan, laporan laba rugi, neraca.

mengisi kolom neraca saldo yang didapat dari akun akun dari buku besar.

mengisi ayat jurnal penyesuaian dari jurnal penyesuaian.

9.tidak tahu


13. Bandingkan teori tradisional, perusahaan induk, dan entitas dari laporan keuangan konsolidasi !


Jawaban:

tahapan masyarakat tradisional


14. Jelaskan apa yang menyebabkan munculnya laporan keuangan konsolidasi


Jelaskan apa yang menyebabkan munculnya laporan keuangan konsolidasi

Jawaban:

Prosedur Konsolidasi diatur dalam PSAK No. 4 (Paragraf 8,21 & 23) antara lain dinyatakan bahwa dalam menyusun Laporan Keuangan 

Penjelasan:

semoga membantu


15. apa itu laporan keuangan Interim, Segmen, Konsolidasi


Laporan keuangan interim adalah laporan keuangan yang diterbitkan di antara dualaporan keuangan tahunan. 

Segmen didasarkan pada dimensi dan metrik dalam laporan Analytics; sebagai contoh:

Jenis Pengguna sama persis dengan “Pengguna Kembali” sama persis dengan “Amerika Serikat” > "0,2%"

konsolidasi adalah suatu gabungan dua perusahaan menjadi satu perusahaan yang memiliki nama baru.

itu yang saya tau .. sekianlaporan keuangan interim aalah laporan keuangan yang diterbitkan di antara dua laporan keuangan tahunan
segmen didasarkan pada dimensi dan Metrik dalam laporan anaytics
konsoliasi adalah suatu Gabungan dua perusahaan menjadi satu perusahaan yang memiliki nama baru

Video Terkait


Post a Comment for "Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity"