Contoh Sk Penetapan Kurikulum Paud
Sebutkan dan jelaskan 3 contoh pengembangan kurikulum paud
1. Sebutkan dan jelaskan 3 contoh pengembangan kurikulum paud
Jawaban:
singkatan dari PAUD
pendidikan anak usia dini
Jawaban:
000000
Penjelasan:
000000ppoffgjj
2. pentingnya kurikulum PAUD?
Kurikulum PAUD / RA sangatlah penting bagi anak" karena itu adalah dimana saat pertama anak" bersekolah formal ..sehingga krikulum yang dipakai harus kompeten dan bagus
semoga terbantu
3. makna atau pengertian kurikulum PAUD!
makna paud merupakan sekolah yang sederajat dengan TK
4. Bagaimana cara memasukan kurikulum pendidikan anti korupsi ke dalam tingakatan paud samapi perguruan tinggi ke dalam kurikulum pendidikan(
Jawaban:
Melakukan Sosialisasi Tentang Pemahaman Kurikulum Terbaru Dan Sosialisasi bahaya korupsi
Penjelasan:
Melakukan Pendekatan Kepada Masyarakat,Pelajar,Guru Agar Tidak Terjadi Kebingungan Dan Kesalahpahaman Tentang Korupsi.
Semoga Membantu
5. bagaimana praktik pengembangan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan anak didik pada lembaga paud
Jawaban:
taman kanak kanak
Penjelasan:
hui betulkan
6. ada yang punya materi panduan pengembangan kurikulum paud?
Itu teh, teteh search aja pengembangan kurikulum paud ntar keluar deh. Tadi aku juga udah coba cari, dan ternyata ada tapi susah ngopy nya..
7. jelaskan karakteristik dari pengembangan kurikulum PAUD permendikbud 137 dan permendikbud 146 ?
Jawaban:
karakteristiknya yaitu Permendikbud 137 lebih baik dari 146
8. jelaskan landasan pengembangan kurikulum paud dan bagaimana landasan tersebut di terapkan dlm pengembangan kurikulum di sekolah tempat anda mengajar
Jawaban:
Pengembangan kurikulum bertujuan mencari tahu apakah agenda kegiatan yang telah dijalankan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan-tujuan lembaga. Pengembangan kurikulum digunakan sebagai penilai umum meliputi konsep, masalah, dan keterampilan yang akan disusun menjadi kurikulum. Landasan pengembangan kurikulum berpijak pada prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
Kurikulum yang menjadi rancangan pendidikan menjadikannya mempunyai kedudukan penting dalam dunia pendidikan. Maka dalam penyusunan kurikulum tidak bisa dilakukan tanpa adanya landasan yang kokoh. Dengan landasan tersebut menghasilkan program pendidikan yang terarah dalam melaksanakan tujuan pendidikan
Landasan dalam pengembangan kurikulum adalah sebagai berikut:
Landasan Filosofis
Landasan ini dalam pengembangan kurikulum mencakup tentang landasan filsafat, mengidentifikasi dan mengimplitasikannya. Dengan filsafat metodologi praktik pendidikan terarah, timbal baliknya Pratik pendidikan itus endiri menjadi bahan bagi pertimbangan filosofis pendidikan. Sehingga landasan filosofis menjadi landasan penting dalam pengembangan kurikulum. Filsafat pendidikan menjadi dasar dan arah pendidikan, sedangkan pelaksanaannya melalui proses pendidikan.
Landasan Psikologis
Landasan ini dalam pengembangan kurikulum mencakup tentang perilaku dan fungsi mental manusia sebagai objek pendidikan secara ilmiah dan mengidentifikasinya. Dalam pengembangan kurikulum paling tidak ada 2 (dua) cabang psikologis, yakni psikologis perkembangan dan psikologis belajar. Ada 9 (Sembilan) aspek psikologis yang dikembangkan dengan perantara berbagai mata pelajaran dalam kurikulum.
Aspek Ketakwaan
Aspek Cipta
Aspek Rasa
Aspek Karsa
Aspek Karya (Kreatif)
Aspek Karya (Keprigelan)
Aspek Kesehatan
Aspek Sosial
Aspek Individu
Landasan Sosial Budaya
Landasan ini tentang nilai, tata sosial, dan tata laku manusia di masyarakatdan mengidentifikasinya. Dengan landasan Sosial Budaya diharapkan lahirnya manusia yang bermutu, mengerti dan mampu membangun masyarakat. Maka dari itu, kurikulum dengan segala perangkatnya tujuan, isi bahkan proses disesuaikan dengan kondisi, karakteristik, kekayaan dan perkembangan masyarakat.
Landasan Yuridis
Kurikulum pada dasaranya adalah produk yuridis yang ditetapkan melalui keputusan menteri Pendidikan Nasional RI. Sebagai pengejawantahan dari kebijakan pendidikan yang ditetapkan oleh lembaga legislatif yang mestinya mendasarkan pada konstitusi/UUD. Dengan demikian landasan yuridis pengembangan kurikulum di NKRI ini adalah UUD 1945 (pembukaan alinia IV dan pasal 31), peraturan-peraturan perundangan seperti: UU tentang pendidikan (UU No.20 Tahun 2003), UU Otonomi Daerah, Surat Keputusan dari Menteri Pendidikan, Surat Keputusan dari Dirjen Dikti, peraturan-peraturan daerah dan sebagainya.
9. Berikan contoh organisasi paud pada jalur formal dan berikan contoh manfaat ikut organisasi paud bagi guru paud!
Jawaban:
1. Organisasi GOP TKI
Gabungan Organisai Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOP TKI) terdiri dari yayasan penyelenggara Taman KAnak-Kanak yang tergabung dalam lima belas organisasi besar di Indonesia antara lain : Aisiyah, Muslimat Nahdatul Ulama (NU), PERWARI, Wanita Islam, Taman Siswa dan sebagainya. Pembina Organisasi GOP TKI ini di antaranya ialah Menteri Pendidikan Nasional dan Departemen Dalam Negeri. Strktur organisasi GOP TKI terdiri dari Pembina, Dewan Pimpinan Pusat yang berlokasi di Jakarta, Dewan Pimpinan Daerah, Dewan PImpinan Cabang, dan Dewan Pimpinan Kecamatan.
Organisasi ini turut membantu Pemerintah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualiatas sumber daya manusia, dan kesejahteraan pendidikan tenaga kependidikan. Visi GOPTKI sebagai wadah pemersatu organisasi penyelenggara Taman KAnak-KAnak. Sedangkan misi GOPTKI adalah berupaya menjembatani antar penyelenggara Taman Kanak-Kanak yang mempunyai kondisi dan kemampuan yang bervariasi, agar tercipta suatu standar baku dan keharmonisan dalam mengembangkan pendidikan.
2. IGTKI
Komponen yang kedua adalah Ikatan Guru Taman KAnak-Kanak Indonesia (IGTKI). Pembina organisasi IGTKI adalah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Visi IGTKI adalah membentuk tenaga pendidik yang berkualitas. Misi dari organisasi ini antara lain adalah meleksanakan berbagai pelatihan, workshop dan seminar yang menunjang profesionalisme tenaga pendidik dan membentuk watak anak bangsa. Semua kegiatan IGTKI di arahkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya untuk anak-anak prasekolah.
3. IGRA (Ikatan Guru Raudhatul Arhfal)
Hampir sama dengan IGTKI hanya saja IGRA ini khusus untuk para pengelola dan pendidik Taman Kanak-Kanak Islam. Kegiatannya membahas dan melaksanakan ajaran Islam di Taman Kanak-Kanak Islam. IGRA dalam kegiatannya di dukung dari Depag. AGRA selain berfungsi sebagai wadah bertemunya guru-guru Taman Kanak-Kanak Islam juga turut melatih dan menambah kemampuan guru-guru TK Islam agar seakin berkualitas.
10. 1. jelaskan pijakan yang digunakan dalam kurikulum paud?
Ada 4 empat pijakan yang harus dijadikan acuan dalam menjadikan PAUD sebagai sumber belajar, yaitu:
Mendukung mewujudkan aktualisasi potensi AUD sebagaimana yang dinyatakan dalam standar PAUD (STPP: LPA, Dominan, TPP),Mendukung kesiapan anak mengikuti pendidikan lebih lanjut (school readiness),Memiliki kesesuaian dengan karakteristik AUD Indonesia (DAP anak Indonesia), danMateri Esensial yang bermakna dan fungsional untuk anak, TFP (Terms, Facts and Principles).Pembahasan :
Kurikulum PAUD adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, proses, bahan dan alat, serta penilaian yang digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan PAUD. Kurikulum PAUD Sendiri terdiri dalam tiga tingkatan, mikro meso, dan makro, Kurikulum PAUD tingkat mikro merupakan penerapan di lapangan, atau saat proses pembelajaran berlangsung. Kurikulum tingkat meso, adalah kurikulum tingkat lembaga (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP), Sedangkan tingkat makro, merupakan kurikulum tingkat nasional.
Pelajari lebih lanjut
Pelajari lebih lanjut tentang kurikulum paud pada https://brainly.co.id/tugas/12790281?source=quick-results&auto-scroll=true&q=kurikulum%20paud
#BelajarBersamaBrainly #SPJ1
11. Jelaskan implementasi kurikulum 13 pada paud
Jawaban:
Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengambil keputusan untuk mengubah (lagi) kurikulum pendidikan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi Kurikulum 2013. KTSP yang mulai diterapkan tahun 2006 sebagai hasil evaluasi atas Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang diterapkan tahun 2004 secara resmi akan diganti pada tahun ajaran baru.
Sebagai salah satu perangkat atau instrumen pendidikan, kurikulum bukan harga mati. Evaluasi dan perubahan atas kurikulum adalah suatu keniscayaan bahkan keharusan. Setiap kurikulum pasti dilakukan penggantian, perubahan, perbaikan, pengembangan, penyempurnaan, atau apapun namanya. Kalau ada kurikulum yang tidak pernah dikembangkan sudah dapat dipastikan akan 'ditinggal' oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Keberhasilan suatu kurikulum merupakan proses panjang, mulai dari kristalisasi berbagai gagasan dan konsep ideal tentang pendidikan, perumusan desain kurikulum, persiapan pendidik dan tenaga kependidikan, serta sarana dan prasarana, tata kelola pelaksanaan kurikulum termasuk pembelajaran dan penilaian pembelajaran dan kurikulum (Anita Lie: 2012).
Perubahan dan pergantian Kurikulum dalam sejarah kebijakan pendidikan nasional di Indonesia sudah sering terjadi? Sejak Indonesia merdeka, sekitar 12 kali sistem pendidikan nasional Indonesia telah berubah-ubah kurikulum. Perubahan terakhir ialah dengan pemberlakuan Kurikulum 2013 untuk menggantikan.
Penjelasan:
Semoga bermanfaat
12. Apa saja karakteristik dari pengembangan kurikulum paud permendikbud 137 dan perrmenikbu 146 ?
Jawaban:
mbuh lah aku gaiso garap e
13. jelaskan landasan pengembangan kurikulum paud dan bagai mna landasan tersebut di terapkan dlm pengembangan kurikulum
Jawaban:
dengan membuat peserta didik bahagia dan mengajak belajar dengan bermain
14. Perbedaan kurikulum 2004 dan 2006 di paud
Jawaban:
Mungkin, untuk kurikulum 2004 bertujuan untuk mewujudkan siswa yang aktif. Jadi, guru hanya mengajar sebatas saja. Untuk kurikulum 2006 bertujuan untuk mewujudkan guru yang aktif, sehingga guru menjelaskan kepada murid lebih detil dan lebih jelas.
15. Dalam pelaksanaan pembelajaranternyata diketahui hasilnya ada beberapa penyimpangan dari program yang telah di tetapkan baik oleh lembaga maupun pusat kurikulum termasuk di dalamnya belum terpenuhi sk dan kd nya apa yang harus kita lakukan sebagai kepla sekolah ?
Yang harus diperhatikan dalam memanajemen kelas adalah
memanajemen waktu terlebih dahulu agar siswa disiplin. bukann hanya disiplin waktu tetapi juga kebersihan kelas harus tetap terjaga.
Post a Comment for "Contoh Sk Penetapan Kurikulum Paud"