Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Format Penilaian Ktsp Sd


Format Penilaian Ktsp Sd

format penilaian KTSP untuk SD

1. format penilaian KTSP untuk SD


kehadiran
sikap. yang biasanya ada pada format penilaian ktsp untuk sd

kehadiran sikapa kalo gal salh

2. apa krasteristik penilaian 2006 ktsp


nilai pelajaran dan prestasi

3. Apa krasteristik penilaian 2006 ktsp


pengatahuan dan keterampilan siswa

4. karakteristik penilaian kurikulum 2004 (KBK) dan kurikulum 2006 (KTSP)?


Persamaan
menciptakan sdm yang berkompeten dan cerdas dalam membangun identitas budaya dan bangsa berbudi pekerti yang luhur serta mencerdaskan kehidupam bangsa
Perbedaan
-kbk guru lebih aktif, ktsp siswa yang aktif
-kbk mengutamakan diskusi kelompok, ktsp mengutamakan kemampuan individu
-jumlah pelajaran kbk lebih banyak dibanding ktsp

5. perbedaan kurikulum pkn sd ktsp dan k 13


kurikulum 2013 : SKL (Standar Kompetensi Lulusan) ditentukan terlebih dahulu, melalui Permendikbud No 54 Tahun 2013. Setelah itu baru ditentukan Standar Isi, yang bebentuk Kerangka Dasar Kurikulum, yang dituangkan dalam Permendikbud No 67, 68, 69, dan 70 Tahun 2013
-ktsp : Standar Isi ditentukan terlebih dahulu melaui Permendiknas No 22 Tahun 2006. Setelah itu ditentukan SKL (Standar Kompetensi Lulusan) melalui Permendiknas No 23 Tahun 2006.

6. Bagaimana mendeskripsikan karakteristik KTSP terhadap anak SD


Jawaban:

Karakteristik Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

KTSP merupakan bentuk operasional pengembangan kurikulum dalam konteks desentralisasi pendidikan dan otonomi daerah, yang akan memberikan wawasan baru terhadap sistem yang sedang bertujuan selama ini.

Hal ini dapat membawa dampak terhadap peningkatan efisiensi dan efektivitas kinerja sekolah, khususnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Mengingat peserta didik datang dari berbagai latar belakang kesukuan dan tingkat sosial, salah satu perhatian sekolah harus ditujukan pada asas pemerataan, baik dalam bidang sosial, ekonomi, maupun politik.

Di sisi lain, sekolah juga harus meningkatkan efisiensi, partisipasi, dan mutu, serta bertanggung jawab kepada masyarakat dan pemerintah.


7. Yang di sebut keterampilan sosial dalam ktsp ips sd.


Penjelasan:

Keterampilan-keterampilan sosial meliputi: (1) Kemampuan berkomunikasi, (2) Menjalin hubungan dengan orang lain, (3) Menghargai diri sendiri dan orang lain, (4) Mendengarkan pendapat atau keluhan dari orang lain, (5) Memberi atau menerima umpan balik (feedback), (6) Memberi atau menerima kritik, dan (7) Bertindak sesuai norma dan aturan yang berlaku (Thalib, 2010).


8. Bagaimana peran guru dalam mengembangkan ktsp di jenjang SD agar dapat mengasilkan kurikulum yang baik


Jawaban:

mendapatkan nilai siswa yang baik

guru sebagai peran untuk menjelaskan sesuatu hal yang pada siswa belum di pahami

Penjelasan:

semoga bermanfaat:)


9. Beberapa perbedaan yang terdapat dalam kurikulum ips sd tahun 1994 dan kurikulum ips sd tahun 2006 (ktsp)


Jawaban:

Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dassar tahun 2006 yang ditetepakan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22 tahun 2006 tanggal 23 Mei 2006, mempunyai karakteristik tersendiri karena kurikulum IPS yang mulai berlaku tahun ajaran 2006 itu tidak menganut istilah pokok bahasan, namun cukup simpel,yakni Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Hal ini jauh lebih sederhana dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya dan jam pelajarn relatif lebih sedikit per minggunya. Kesemuanya ini memberikan peluang yang luas bagi guru sebagai pengembang kurikulum untuk berkreasi dalam pengembangan kurikulum yang mengacu pada pembelajaran IPS yang PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif dan Menyenangkan). Di tangan gurulah, kurikulum ini dapat hidup dan berkembang.

Kurikulum Pendidikan IPS SD tahun 2006 bersifat hanya memberi rambu-rambu untk kedalaman dan keluasan materi dalam mencapai kompetensi dasar yang diharapkan, di sini aspirasi setempat (muatan lokal) dapat dituangkan dalam proses pembelajaran IPS Terpadu. Di dalam kompetensi dasar, terdapat kata kerja operasionalyang menunjukan cara pembelajaran yang disarankan. Apabila ditelaah maka kata kerja operasional tersebut mengacu pada cara belajar aktif, misalnya membuat, menunjukan, menceritakan, mencari, menggunakan, mengamati, dan menggambar.

Materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar terdiri dari materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Materi IPS SD tidak nampak secara nyata, namun terata secara terpadu dalam standar kompetensi yang dimulai sejak kelas satu sampai dengan kelas enam. Pembelajaran IPS pada kelas 1 sampai kelas 6 dilaksanakan melalui pendekatan pembelajaran.

Kurikulum 2006 tertata dalam standar kompetensi tertata dalam kompetensi dari kelas 1 sampai kelas 6. Kurikulum 1994 materi pelajaran ditata lebih terpadu dan sederhana.

Kolerasi dalam berbagai ilmu atau disiplin ilmu penunjang daripada kurikulum1986.

Kurikulum 1968 materi IPS masih bersiri sendiri-sendiri secara terpisah antara Ilmu Bumi, Sejarah, dan Pengetahuan Kewarganegaraan.

Kurikulum 1975 Pendidikan Kewarganegaraan dalam IPS mulai dipisahkan menjadi bidang studi sendiri dengan nama Pendidikan Moral Pancasila.

Kurikulum 1994PMP dan IPS tetap terpisah, PMP diubah menjadi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 1 sampai dengan kelas 6. pelajaran IPS diajarkan sejak kelas 3 SD.

Ditinjau dari tujuan kurikuler :

Kurikulum 1964 dan 1968 menekankan unsur tujuan Pendidikan Kewargaan Negara/Moral. Unsur tersebut dalam kurikulum1975, 1986, 1994 terwadahi dalam bidang studi PMP/ PPKN.

\

Ditinjau dari segi penyusunan tujuan kurikuler :

Kurikulum 1994 sama dengan kurikulum1986 yakni 4 tujuan kurikuler IPS, masing-masing satu tiap kelas dan 3 tujuan kurikuler Sejarah Nasional masing-masing satu tiap kelas.

Ditinjau dari segi lingkup bahan pengajaran :

Kurikulum 1994 menggunakan pendekatan spiral (lingkup terdekat-luas). Pendekatan ini juga berlaku untuk kurikulum sebelumnya

Khusus Sejarah Nasional menggunakan pendekatan periodisasi (zaman kuno- sejarah kontem porer)

Kurikilum 1994materi sejarahnasional ditambah ditambah sejarah lokal.

Kurikulum 1986 disamping sejarah nasional ditambah PSPB (Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa )

Dari materi Kurikulum

Kurikulum 1964 sd 1986 materinya semakin padat dan sarat .

Kurikulum 1994materi mulai di sederhanakan ,pengembanganmateridiserahkan kepada guru .

Kurikulum 1964ada 18 pokok bahasan

Kurikulum 1968 ada 19 pokok bahasan

Kurikulum1975 ada29 pokok bahasan

Kurikulum 1986 ada39 pokok bahasan

Kurikulum 1994 ada 29 pokok bahasan

Dari segi alokasi waktu

Kurikulum1986 dengan kurikulum 1994tidak mengalami perbedan.

Kukurikulum IPS 2006 relatif lebih sedikit yakni 3 jam dalam 1 minggu.

Perbedaan yang esensial terletak pada jumlah pokok bahasan. Kurikulum1986 sarat dan padat materi,sehingga kedalaman materi kurang.

Kurikulum 1994 kedalaman dan keluasandiserahkan kepadaguru selaku pengembang

Penjelasan:

*SEMOGA MEMBANTU*


10. format penilaian pidato


mimik,suara,gerak tubuh,bahasa:) gerak tubuh bahasa..........

11. format penilaian seni tari


ekspresi,gerakan,hafalan,dan kompak(bila lebih dari 2 orang)

12. karakteristik penilaian kurikulum 2004 (KBK) dan kurikulum 2006 (KTSP)?


Dalam kurikulum 2004 ini, para murid dituntut aktif mengembangkan keterampilan untuk menerapkan IPTek tanpa meninggalkan kerja sama dan solidaritas, meski sesungguhnya antar siswa saling berkompetisi. Jadi di sini, guru hanya bertindak sebagai fasilitator, namun meski begitu pendidikan yang ada ialah pendidikan untuk semua. Dalam kegiatan di kelas, para siswa bukan lagi objek, namun subjek. Dan setiap kegiatan siswa ada nilainya.
Pada prinsipnya, KTSP merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari SI, namun pengembangannya diserahkan kepada sekolah agar sesuai dengan kebutuhan sekolah itu sendiri. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus. Pelaksanaan KTSP mengacu pada Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan SI dan SKL.

13. Quizkelas 5 sdktsp 200652 × (-18 + 24) = ( ... × ... ) + ( ... × ... ) = ... + ... = ...​


QUIZ

52 × (-18 + 24) = ( 52 × (-18 ) + ( 52 × 24)

= (-936) + 1248

= 312


14. Karakteristik penilaian KBK,KTSP,K2013.


Kompetensi (KBK)

Pendidikan berbasis kompetensi menekankan pada kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan suatu jenjang pendidikan

KTSP

KTSP merupakan singkatan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, yang dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi dan karakteristik sekolah/ daerah, sosial budaya masyarakat setempat, dan karakteristik peserta didik

Pada tahun ajaran baru 2013/2014 pemerintah menetapkan diberlakukannya kurikulum baru yaitu Kurikulum 2013 menggantikan KTSP. Penyusunan Kurikulum 2013 adalah bagian dari melanjutkan pengembangan KBK yang telah dirintis pada tahun 2004 dengan mencakup kompetensi sikap, 

15. bagaiman bentuk format rpp ktsp 2006


nih ada di file ....................................................................................

Video Terkait


Post a Comment for "Format Penilaian Ktsp Sd"