Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pedoman Penskoran


Pedoman Penskoran

Tuliskan 2 contoh soal uraian terbuka, kunci jawaban, pedoman penskoran dan penentuan penilaian.

Daftar Isi

1. Tuliskan 2 contoh soal uraian terbuka, kunci jawaban, pedoman penskoran dan penentuan penilaian.


Indikator : siswa dapat mengindentifikasi ciri ciri budaya nasional indonesia.

Contoh soal :

Tuliskan ciri ciri budaya nasional indonesia?

Sebutkan contoh kebudayaan naional indonesia?

Soal Uraian Objektif

Tuliskan semua kemungkinan jawaban benar atau kunci jawaban dengan jelas.Setiap kata kunci diberi skor 1. Kata kunci : kata, kalimat, bilangan atau pernyataan yang merupakan kunci dari suatu jawaban.Tuliskan skor maksimum yang merupakan penjumlahan dari kata-kata kunci yang diperlukan

Soal Uraian Non Objektif

Tuliskan garis-garis besar jawaban atau kriteria jawaban agar dapat dijadikan pegangan guru dalam memberi skor. Kriteria jawaban harus dibuat sedemikian rupa, sehingga pendapat yang berbeda dapat diskor menurut kualitas uraian jawabannya.Tetapkan rentang skor untuk tiap garis besar jawaban. Besar rentang skor ditentukan oleh penulis soaL.Tuliskan skor maksimum yang merupakan penjumlahan dari skor tertinggi tiap kriteria.Pembahasan:

Pedoman penskoran adalah petunjuk yang digunakan untuk menentukan skor hasil penyelesaian pekerjaan siswa. Skor hasil ini akan dilanjutkan menjadi nilai nantinya. Cara menilainya dengan mengalikan setiap hasil bena, salah dan tidak dikerjakan dengan pedoman penskoran yang telah ditentukan kemudian dijumlahkan hasilnya dan itulah nilainya.

Pelajari Lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang Pedoman penskoran untuk ujian https://brainly.co.id/tugas/51741702

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1


2. Tulislah tes objektif (Pilihan Ganda) sebanyak 3 soal beserta dengan pedoman penskoran yang mengacu pada ranah kognitif C1-C3 C. Tulislah tes uraian (Tertutup) sebanyak 3 soal beserta dengan pedoman penskoran yang mengacu pada ranah kognitif C4-C6​


Jawaban:

Ranah Kognitif (menurut taksonomi. Bloom) : pengetahuan (C1), pemahaman. (C2), aplikasi (C3), analisis (C4), sintesis. (C5), dan evaluasi (C6).

Penjelasan:

Tulislah tes objektif (Pilihan Ganda) sebanyak 3 soal beserta dengan pedoman penskoran  yang mengacu pada ranah kognitif C1-C3

Pada tingkat pengetahuan: peserta didik  menjawab pertanyaan berdasarkan hapalan saja.  (Soal yang menuntut jawaban  yang berdasarkan hafalan) Pada tingkat pemahaman: peserta didik  dituntut untuk menyatakan masalah dengan  kata-katanya sendiri, memberi contoh suatu  prinsip atau konsep.  (Soal yang menuntut pembuatan  pernyataan masalah dengan kata-kata penjawab  sendiri, pemberian contoh prinsip atau contoh  konsep)Pada tingkat aplikasi: peserta didik dituntut  untuk menerapkan prinsip dan konsep dalam  suatu situasi yang baru.  (Soal yang menuntut penerapan  prinsip dan konsep dalam situasi yang belum pernah  diberikan)

Contoh soal:

1. Bapak sosiologi indonesia

Koentjaraningrat Soelaiman Selo soemarjan Anthony gidden Adam smit

2. Perilaku menyimpang bukan semata-mata ciri dari tindakan yang dilakukan orang, melainkan karena adanya…

aturan dan sanksiinteraksi sosialakibat-akibat yang dirasakannorma-norma sosialnorma penghindaran

3. Termasuk contoh penyimpangan sosial yang disebabkan oleh anomi menurut Robert K. Merton…

perkelahian pelajarkenakalan remajaperilaku seks bebaspenyalahgunaan obat-obatankorupsi

Tulislah tes uraian (Tertutup) sebanyak 3 soal beserta dengan pedoman penskoran yang  mengacu pada ranah kognitif C4-C6​

Pada tingkat analisis: peserta didik diminta  untuk menguraikan informasi ke dalam  beberapa bagian, menemukan asumsi,  membedakan fakta dan pendapat, menemukan hubungan sebab dan akibat.  (Soal yang menuntut uraian  informatif, penemuan asumsi pembedaan antara  fakta dan pendapat, dan penemuan sebab akibat)  Pada tingkat sintesis: peserta didik dituntut  menghasilkan suatu cerita, komposisi, hipotesis,  atau teorinya sendiri, dan mengsintesiskan  pengetahuan.  (Soal yang menuntut pembuatan  cerita, karangan, hipotesis dengan memadukan  pengetahuan atau ilmu)Pada tingkat evaluasi: peserta didik  mengevaluasi informasi, seperti bukti sejarah,  editorial, teori-teori, dan termasuk di dalamnya  melakukan judgement terhadap hasil analisis  untuk membuat kebijakan.  (Soal yang menuntut  pembuatan keputusan dan kebijakan , dan penentuan  “nilai” informasi)

Contoh soal:

-Apa hubungan antara tindakan dan interaksi?

-Apa perspektif sosiologi, budaya, hukum, kebijakan dan pendidikan dari covid-19?

-Jelaskan mengenai Sosiologi Distribusi sebagai suatu disiplin ilmu yang mengalami perkembangan!

Pelajari lebih lanjut tentang materi kognitif https://brainly.co.id/tugas/26677311

#BelajarBersamaBrainly


3. item soal pelajaran matematikan jawaban pedoman 2. Tuliskanlah sebuah itemsoal uraian mata pelajaranmatematika sd disertai dengan kunci jawaban pedoman penskoran​


Jawaban:

lajjsjhshjjdhhkkjgggfffccccdfhjkkanjko


4. Tulislah sebuah atom soal pilihan ganda level 2 untuk pelajaran IPS SD meliputi sistem oksidasi jawaban serta dengan pedoman penskoran ​


Jawaban:

Pak Amri ingin mengetahui keterampilan siswanya dalam menggunakan mikroskop. Untuk kepentingan tersebut pak Amri telah menentukan 7 indikator. Dari 7 indikator tersebut kemudian dibuat 7 buah pertanyaan dalam bentuk skala rating. Setiap pertanyaan mempunyai 5 skala. Jika dari hasil pengukuran Ani memperoleh skor 20, berapa persenkah nilai yang diperoleh Ani ?

A. 20 %

B. 25 %

C. 57%

D. 71,4%


5. Tuliskan sebuah item soal pilihan ganda level c2 untuk mata pelajran sd yang meliputi sitem opsi dan kunci jawaban serta pedoman penskoran?


Jawaban:

Contoh soal pilihan ganda level C2:

Berikut ini merupakan contoh-contoh pekerjaan:

(1) pembuat tahu

(2) pengerajin patung

(3) sopir taksi online

(4) kurir barang

Pekerjaan yang termasuk ke dalam jasa adalah ….

A. (1) dan (2)

B. (2) dan (3)

C. (3) dan (4)

D. (1) dan (4)

Kunci Jawaban : C

Pedoman penskoran:

Skor = B – S/(n-1)

Skor = B – S/(4-1)

Skor = B – S/3

Keterangan:

B = jumlah jawaban benar

S = jumlah jawaban salah

Penjelasan:

Level C2 (pemahaman) merupakan jenjang proses berpikir yang setingkat lebih tinggi dari ingatan. Butir soal dikatakan mengukur kemampuan proses berpikir pemahaman jika butir soal tersebut tidak hanya meminta pada siswa untuk mengingat kembali tentang segala sesuatu yang telah diajarkan dalam proses pembelajaran tetapi siswa tersebut harus mengerti, dapat menangkap arti dari materi yang dipelajari serta dapat melihatnya dari beberapa segi.


6. Buatlah 5 tes uraian dan pedoman penskoran dari 5 subtema yang berbeda pada kelas yang di ajar, mencakup c1-c6. susunlah soal tersebut dengan mempertimbangkan hal hal pokok yang harus di perhatikan


Jawaban:

Cara a .

Unsur intrinsik tuh yg meliputi pengarang nya , kyk : tempat tgl lahir pengarang , pendidikan

klo unsur ekstrinsik kyk : tema , alur , setting , sudut pandang , gaya bahasa , amanat , tokoh , penokohan

Contoh soal a

Hak Mendapat Pendidikan

4 September 2014 04:59 | Diperbarui: 18 Juni 2015 01:40

Bunyi dari Pasal 31 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945, yaitu :

“Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan”. Menurut saya, pasal ini menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapat pendidikan, namun sering kita jumpai di luar sana banyak anak-anak jalanan yang terlantar yang belum menyentuh pendidikan sama sekali.

Hal tersebut menurut saya adalah pelanggaran HAM sang anak untuk mendapat pendidikan. Tetapi, bukannya mendapat pendidikan, mereka malah disuruh bekerja di usia yang sangat dini.

Maaf kalo salah


7. Tulislah sebuah item soal pilihan ganda level c2 mapel ips sd yg meliputi stem , opsi dan kunci jawaban disertai pedoman penskoran


Jawaban: Modul 2

Penjelasan: modul 2 yang membuat saya juga bingung dimana jawabanya


8. Tuliskanlah sebuah item soal uraian level C3 untuk mata pelajaran Matematika SD disertai dengan kunci jawaban dan pedoman penskoran! ​


Jawaban:

C3-> ini kemampuan aplikasi

Soal:

Saya mempunyai sebuah pizza. Saya memakan 2/8. Tentukan sisanya dalam bentuk paling sederhana.

Kunci jawaban:

1 - 2/8

= 8/8 - 2/8

= 6/8

= 3/4

Pedoman penskoran:

Skor maksimal: 5

Maka:

Skor -0.5

Jika peserta didik menjawab dengan kata kasar dan asal-asalan

Skor 0

Jika peserta didik tak menjawab atau menjawab tidak relevan dengan soal.

Skor 2

Jika peserta didik menunjukkan sedikit pemahaman melalui jawaban yang diberikan, contoh: bisa mengubah 1 menjadi 8/8.

Skor 4

Jika peserta didik berhasil menemukan jawaban tapi tidak disederhanakan atau tidak menunjukkan langkah pengerjaan tetapi jawaban sesuai.

Skor 5

Jika peserta didik menjawab dengan benar(sesuai kunci jawaban) dan menunjukkan langkah pengerjaan yang benar.


9. Buatlah 5 tes uraian dan pedoman penskoran dari 5 subtema yang berbeda pada kelas yang Anda ajar yang mencangkup C1-C6. Susunlah soal tersebut dengan mempertimbangkan hal-hal pokok yang harus diperhatikan.


Jawaban:

No Indikator level

3.3.1 Menyebutkan pengertian puasa beserta syarat, rukun, sunah, halhal yang makruh dan membatalkan puasa. C1

3.3.2 Menyebutkan ketentuan puasa Ramadhan dan puasa sunnah C1

3.3.3 Mengelompokkan antara syarat, rukun, dan sunnah puasa. C2

3.3.4 Membandingkan antara ketentuan puasa Ramadhan dan puasa

sunnah. C4

3.3.5 Menemukan hal-hal yang membatalkan puasa dalam kehidupan

sehari-hari. C5

3.3.6 Memberi penilaian mengenai sempurna dan tidaknya puasa,

berdasarkan ketentuan yang ada. C5

3.3.7 Merumuskan amalan yang perlu dilakukan agar puasa yang

dikerjakan lebih baik. C6

Mochamad Zaenal Muttaqin. & Kusaeri (2017). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES TERTULIS BENTUK URAIAN

Penjelasan:

Dalam penulisan butir soal, taksonomi yang diacu adalah Taksonomi

Bloom edisi revisi. Taksonomi Bloom edisi revisi terdiri dari enam tingkatan

berfikir yaitu C1, C2, C3, C4, C5, dan C6. Selain memperhatikan tingkatan

berfikir, Taksonomi Bloom edisi revisi juga tidak bisa dilepaskan dari dimensi

pengetahuan yang meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan

metakognitif.

Sehingga level tes yang dibuat adalah sebagai berikut: mengingat

pengetahuan faktual, Memahami pengetahuan konseptual, menganalisa

pengetahuan prosedural, menganalisa pengetahuan konseptual, mengevaluasi

pengetahuan prosedural., menciptakan pengetahuan metakognitif.

semoga membantu..


10. Pedoman penskoran Kriteria jika jawaban benar,tepat dan lengkap Skor ideal 10 Maka skor perolehan nya berapa


Jawaban:

100

Penjelasan:

karna skor ideal nya 10


11. Buatlah 5 tes uraian dan pedoman penskoran dari 5 subtema yang berbeda pada kelas yang Anda ajar yang mencangkup C1-C6. Susunlah soal tersebut dengan mempertimbangkan hal-hal pokok yang harus diperhatikan !


Jawaban:

maaf ya aku nggak paham itu maksudnya apa


12. Tulislah tes objektif (Pilihan Ganda) sebanyak 3 soal beserta dengan pedoman penskoran yang mengacu pada ranah kognitif C1-C3


Jawaban:

1.kurang vitamin A dapat menyebabkan...

a.pegal-pegal

b.rabun senja

c.gusi berdarah

d.tulang keropos

2.siapakah penemu mesin uap?

a.Graham Bell

b.James watt

c.Louis Pasteur

d.Thomas Alfa Edison

3.yang bukan termasuk wilayah di pulau sumatera adalah...

a. Medan

b. Aceh

c. Padang

d. Denpasar

Penjelasan:

Semoga kalian terbantu, dengan ada nya jawaban yang saya bagi ini!!


13. tes uraian (Tertutup) sebanyak 3 soal beserta dengan pedoman penskoran yang mengacu pada ranah kognitif C4-C6


Jawaban:

Contoh soal uraian tertutup:

*Coba jelaskan tentang peringat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang diadakan di Kantor Kabupaten tanggal 17 Agustus 1998 yang lalu, ceritakan mengenai :

a) Pengaturan tempat

b) Pejabat dan undangan yang hadir

c) Acara peringatan

d) Atraksi yang disuguhkan

e) Hidangan yang diberikan


14. Buatlah 5 tes uraian dan pedoman penskoran dari 5 subtema yang berbedapada kelas yang Anda ajar yang mencangkup C1-C6. Susunlah soal tersebutdengan mempertimbangkan hal-hal pokok yang harus diperhatikan.​


Jawaban:

Cara a .

Unsur intrinsik tuh yg meliputi pengarang nya , kyk : tempat tgl lahir pengarang , pendidikan

klo unsur ekstrinsik kyk : tema , alur , setting , sudut pandang , gaya bahasa , amanat , tokoh , penokohan

Contoh soal a

Hak Mendapat Pendidikan

4 September 2014 04:59 | Diperbarui: 18 Juni 2015 01:40

Bunyi dari Pasal 31 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945, yaitu :

“Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan”. Menurut saya, pasal ini menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapat pendidikan, namun sering kita jumpai di luar sana banyak anak-anak jalanan yang terlantar yang belum menyentuh pendidikan sama sekali.

Hal tersebut menurut saya adalah pelanggaran HAM sang anak untuk mendapat pendidikan. Tetapi, bukannya mendapat pendidikan, mereka malah disuruh bekerja di usia yang sangat dini.


15. Tulislah sebuah item soal pilihan ganda level c2 mata pelajaran IPS SD yang meliputi stem dan kunci jawaban disertai dengan pedoman penskoran


Jawaban:

Contoh soal pilihan ganda level C2:

Berikut ini merupakan contoh-contoh pekerjaan:

(1) pembuat tahu

(2) pengerajin patung

(3) sopir taksi online

(4) kurir barang

Pekerjaan yang termasuk ke dalam jasa adalah ….

A. (1) dan (2)

B. (2) dan (3)

C. (3) dan (4)

D. (1) dan (4)

Kunci Jawaban : C

Pedoman penskoran:

Skor = B – S/(n-1)

Skor = B – S/(4-1)

Skor = B – S/3

Keterangan:

B = jumlah jawaban benar

S = jumlah jawaban salah

Penjelasan:

Level C2 (pemahaman) merupakan jenjang proses berpikir yang setingkat lebih tinggi dari ingatan. Butir soal dikatakan mengukur kemampuan proses berpikir pemahaman jika butir soal tersebut tidak hanya meminta pada siswa untuk mengingat kembali tentang segala sesuatu yang telah diajarkan dalam proses pembelajaran tetapi siswa tersebut harus mengerti, dapat menangkap arti dari materi yang dipelajari serta dapat melihatnya dari beberapa segi.


Video Terkait


Post a Comment for "Pedoman Penskoran"