Pedoman Penskoran
Tuliskan 2 contoh soal uraian terbuka, kunci jawaban, pedoman penskoran dan penentuan penilaian.
1. Tuliskan 2 contoh soal uraian terbuka, kunci jawaban, pedoman penskoran dan penentuan penilaian.
Indikator : siswa dapat mengindentifikasi ciri ciri budaya nasional indonesia.
Contoh soal :
Tuliskan ciri ciri budaya nasional indonesia?
Sebutkan contoh kebudayaan naional indonesia?
Soal Uraian Objektif
Tuliskan semua kemungkinan jawaban benar atau kunci jawaban dengan jelas.Setiap kata kunci diberi skor 1. Kata kunci : kata, kalimat, bilangan atau pernyataan yang merupakan kunci dari suatu jawaban.Tuliskan skor maksimum yang merupakan penjumlahan dari kata-kata kunci yang diperlukanSoal Uraian Non Objektif
Tuliskan garis-garis besar jawaban atau kriteria jawaban agar dapat dijadikan pegangan guru dalam memberi skor. Kriteria jawaban harus dibuat sedemikian rupa, sehingga pendapat yang berbeda dapat diskor menurut kualitas uraian jawabannya.Tetapkan rentang skor untuk tiap garis besar jawaban. Besar rentang skor ditentukan oleh penulis soaL.Tuliskan skor maksimum yang merupakan penjumlahan dari skor tertinggi tiap kriteria.Pembahasan:Pedoman penskoran adalah petunjuk yang digunakan untuk menentukan skor hasil penyelesaian pekerjaan siswa. Skor hasil ini akan dilanjutkan menjadi nilai nantinya. Cara menilainya dengan mengalikan setiap hasil bena, salah dan tidak dikerjakan dengan pedoman penskoran yang telah ditentukan kemudian dijumlahkan hasilnya dan itulah nilainya.
Pelajari Lebih lanjutPelajari lebih lanjut materi tentang Pedoman penskoran untuk ujian https://brainly.co.id/tugas/51741702
#BelajarBersamaBrainly#SPJ1
2. Tulislah tes objektif (Pilihan Ganda) sebanyak 3 soal beserta dengan pedoman penskoran yang mengacu pada ranah kognitif C1-C3 C. Tulislah tes uraian (Tertutup) sebanyak 3 soal beserta dengan pedoman penskoran yang mengacu pada ranah kognitif C4-C6
Jawaban:
Ranah Kognitif (menurut taksonomi. Bloom) : pengetahuan (C1), pemahaman. (C2), aplikasi (C3), analisis (C4), sintesis. (C5), dan evaluasi (C6).
Penjelasan:
Tulislah tes objektif (Pilihan Ganda) sebanyak 3 soal beserta dengan pedoman penskoran yang mengacu pada ranah kognitif C1-C3
Pada tingkat pengetahuan: peserta didik menjawab pertanyaan berdasarkan hapalan saja. (Soal yang menuntut jawaban yang berdasarkan hafalan) Pada tingkat pemahaman: peserta didik dituntut untuk menyatakan masalah dengan kata-katanya sendiri, memberi contoh suatu prinsip atau konsep. (Soal yang menuntut pembuatan pernyataan masalah dengan kata-kata penjawab sendiri, pemberian contoh prinsip atau contoh konsep)Pada tingkat aplikasi: peserta didik dituntut untuk menerapkan prinsip dan konsep dalam suatu situasi yang baru. (Soal yang menuntut penerapan prinsip dan konsep dalam situasi yang belum pernah diberikan)Contoh soal:
1. Bapak sosiologi indonesia
Koentjaraningrat Soelaiman Selo soemarjan Anthony gidden Adam smit2. Perilaku menyimpang bukan semata-mata ciri dari tindakan yang dilakukan orang, melainkan karena adanya…
aturan dan sanksiinteraksi sosialakibat-akibat yang dirasakannorma-norma sosialnorma penghindaran3. Termasuk contoh penyimpangan sosial yang disebabkan oleh anomi menurut Robert K. Merton…
perkelahian pelajarkenakalan remajaperilaku seks bebaspenyalahgunaan obat-obatankorupsiTulislah tes uraian (Tertutup) sebanyak 3 soal beserta dengan pedoman penskoran yang mengacu pada ranah kognitif C4-C6
Pada tingkat analisis: peserta didik diminta untuk menguraikan informasi ke dalam beberapa bagian, menemukan asumsi, membedakan fakta dan pendapat, menemukan hubungan sebab dan akibat. (Soal yang menuntut uraian informatif, penemuan asumsi pembedaan antara fakta dan pendapat, dan penemuan sebab akibat) Pada tingkat sintesis: peserta didik dituntut menghasilkan suatu cerita, komposisi, hipotesis, atau teorinya sendiri, dan mengsintesiskan pengetahuan. (Soal yang menuntut pembuatan cerita, karangan, hipotesis dengan memadukan pengetahuan atau ilmu)Pada tingkat evaluasi: peserta didik mengevaluasi informasi, seperti bukti sejarah, editorial, teori-teori, dan termasuk di dalamnya melakukan judgement terhadap hasil analisis untuk membuat kebijakan. (Soal yang menuntut pembuatan keputusan dan kebijakan , dan penentuan “nilai” informasi)Contoh soal:
-Apa hubungan antara tindakan dan interaksi?
-Apa perspektif sosiologi, budaya, hukum, kebijakan dan pendidikan dari covid-19?
-Jelaskan mengenai Sosiologi Distribusi sebagai suatu disiplin ilmu yang mengalami perkembangan!
Pelajari lebih lanjut tentang materi kognitif https://brainly.co.id/tugas/26677311
#BelajarBersamaBrainly
3. item soal pelajaran matematikan jawaban pedoman 2. Tuliskanlah sebuah itemsoal uraian mata pelajaranmatematika sd disertai dengan kunci jawaban pedoman penskoran
Jawaban:
lajjsjhshjjdhhkkjgggfffccccdfhjkkanjko
4. Tulislah sebuah atom soal pilihan ganda level 2 untuk pelajaran IPS SD meliputi sistem oksidasi jawaban serta dengan pedoman penskoran
Jawaban:
Pak Amri ingin mengetahui keterampilan siswanya dalam menggunakan mikroskop. Untuk kepentingan tersebut pak Amri telah menentukan 7 indikator. Dari 7 indikator tersebut kemudian dibuat 7 buah pertanyaan dalam bentuk skala rating. Setiap pertanyaan mempunyai 5 skala. Jika dari hasil pengukuran Ani memperoleh skor 20, berapa persenkah nilai yang diperoleh Ani ?
A. 20 %
B. 25 %
C. 57%
D. 71,4%
5. Tuliskan sebuah item soal pilihan ganda level c2 untuk mata pelajran sd yang meliputi sitem opsi dan kunci jawaban serta pedoman penskoran?
Jawaban:
Contoh soal pilihan ganda level C2:
Berikut ini merupakan contoh-contoh pekerjaan:
(1) pembuat tahu
(2) pengerajin patung
(3) sopir taksi online
(4) kurir barang
Pekerjaan yang termasuk ke dalam jasa adalah ….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (1) dan (4)
Kunci Jawaban : C
Pedoman penskoran:
Skor = B – S/(n-1)
Skor = B – S/(4-1)
Skor = B – S/3
Keterangan:
B = jumlah jawaban benar
S = jumlah jawaban salah
Penjelasan:
Level C2 (pemahaman) merupakan jenjang proses berpikir yang setingkat lebih tinggi dari ingatan. Butir soal dikatakan mengukur kemampuan proses berpikir pemahaman jika butir soal tersebut tidak hanya meminta pada siswa untuk mengingat kembali tentang segala sesuatu yang telah diajarkan dalam proses pembelajaran tetapi siswa tersebut harus mengerti, dapat menangkap arti dari materi yang dipelajari serta dapat melihatnya dari beberapa segi.
6. Buatlah 5 tes uraian dan pedoman penskoran dari 5 subtema yang berbeda pada kelas yang di ajar, mencakup c1-c6. susunlah soal tersebut dengan mempertimbangkan hal hal pokok yang harus di perhatikan
Jawaban:
Cara a .
Unsur intrinsik tuh yg meliputi pengarang nya , kyk : tempat tgl lahir pengarang , pendidikan
klo unsur ekstrinsik kyk : tema , alur , setting , sudut pandang , gaya bahasa , amanat , tokoh , penokohan
Contoh soal a
Hak Mendapat Pendidikan
4 September 2014 04:59 | Diperbarui: 18 Juni 2015 01:40
Bunyi dari Pasal 31 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945, yaitu :
“Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan”. Menurut saya, pasal ini menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapat pendidikan, namun sering kita jumpai di luar sana banyak anak-anak jalanan yang terlantar yang belum menyentuh pendidikan sama sekali.
Hal tersebut menurut saya adalah pelanggaran HAM sang anak untuk mendapat pendidikan. Tetapi, bukannya mendapat pendidikan, mereka malah disuruh bekerja di usia yang sangat dini.
Maaf kalo salah
7. Tulislah sebuah item soal pilihan ganda level c2 mapel ips sd yg meliputi stem , opsi dan kunci jawaban disertai pedoman penskoran
Jawaban: Modul 2
Penjelasan: modul 2 yang membuat saya juga bingung dimana jawabanya
8. Tuliskanlah sebuah item soal uraian level C3 untuk mata pelajaran Matematika SD disertai dengan kunci jawaban dan pedoman penskoran!
Jawaban:
C3-> ini kemampuan aplikasi
Soal:
Saya mempunyai sebuah pizza. Saya memakan 2/8. Tentukan sisanya dalam bentuk paling sederhana.
Kunci jawaban:
1 - 2/8
= 8/8 - 2/8
= 6/8
= 3/4
Pedoman penskoran:
Skor maksimal: 5
Maka:
Skor -0.5Jika peserta didik menjawab dengan kata kasar dan asal-asalan
Skor 0Jika peserta didik tak menjawab atau menjawab tidak relevan dengan soal.
Skor 2Jika peserta didik menunjukkan sedikit pemahaman melalui jawaban yang diberikan, contoh: bisa mengubah 1 menjadi 8/8.
Skor 4Jika peserta didik berhasil menemukan jawaban tapi tidak disederhanakan atau tidak menunjukkan langkah pengerjaan tetapi jawaban sesuai.
Skor 5Jika peserta didik menjawab dengan benar(sesuai kunci jawaban) dan menunjukkan langkah pengerjaan yang benar.
9. Buatlah 5 tes uraian dan pedoman penskoran dari 5 subtema yang berbeda pada kelas yang Anda ajar yang mencangkup C1-C6. Susunlah soal tersebut dengan mempertimbangkan hal-hal pokok yang harus diperhatikan.
Jawaban:
No Indikator level
3.3.1 Menyebutkan pengertian puasa beserta syarat, rukun, sunah, halhal yang makruh dan membatalkan puasa. C1
3.3.2 Menyebutkan ketentuan puasa Ramadhan dan puasa sunnah C1
3.3.3 Mengelompokkan antara syarat, rukun, dan sunnah puasa. C2
3.3.4 Membandingkan antara ketentuan puasa Ramadhan dan puasa
sunnah. C4
3.3.5 Menemukan hal-hal yang membatalkan puasa dalam kehidupan
sehari-hari. C5
3.3.6 Memberi penilaian mengenai sempurna dan tidaknya puasa,
berdasarkan ketentuan yang ada. C5
3.3.7 Merumuskan amalan yang perlu dilakukan agar puasa yang
dikerjakan lebih baik. C6
Mochamad Zaenal Muttaqin. & Kusaeri (2017). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES TERTULIS BENTUK URAIAN
Penjelasan:
Dalam penulisan butir soal, taksonomi yang diacu adalah Taksonomi
Bloom edisi revisi. Taksonomi Bloom edisi revisi terdiri dari enam tingkatan
berfikir yaitu C1, C2, C3, C4, C5, dan C6. Selain memperhatikan tingkatan
berfikir, Taksonomi Bloom edisi revisi juga tidak bisa dilepaskan dari dimensi
pengetahuan yang meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif.
Sehingga level tes yang dibuat adalah sebagai berikut: mengingat
pengetahuan faktual, Memahami pengetahuan konseptual, menganalisa
pengetahuan prosedural, menganalisa pengetahuan konseptual, mengevaluasi
pengetahuan prosedural., menciptakan pengetahuan metakognitif.
semoga membantu..
10. Pedoman penskoran Kriteria jika jawaban benar,tepat dan lengkap Skor ideal 10 Maka skor perolehan nya berapa
Jawaban:
100
Penjelasan:
karna skor ideal nya 10
11. Buatlah 5 tes uraian dan pedoman penskoran dari 5 subtema yang berbeda pada kelas yang Anda ajar yang mencangkup C1-C6. Susunlah soal tersebut dengan mempertimbangkan hal-hal pokok yang harus diperhatikan !
Jawaban:
maaf ya aku nggak paham itu maksudnya apa
12. Tulislah tes objektif (Pilihan Ganda) sebanyak 3 soal beserta dengan pedoman penskoran yang mengacu pada ranah kognitif C1-C3
Jawaban:
1.kurang vitamin A dapat menyebabkan...
a.pegal-pegal
b.rabun senja
c.gusi berdarah
d.tulang keropos
2.siapakah penemu mesin uap?
a.Graham Bell
b.James watt
c.Louis Pasteur
d.Thomas Alfa Edison
3.yang bukan termasuk wilayah di pulau sumatera adalah...
a. Medan
b. Aceh
c. Padang
d. Denpasar
Penjelasan:
Semoga kalian terbantu, dengan ada nya jawaban yang saya bagi ini!!
13. tes uraian (Tertutup) sebanyak 3 soal beserta dengan pedoman penskoran yang mengacu pada ranah kognitif C4-C6
Jawaban:
Contoh soal uraian tertutup:
*Coba jelaskan tentang peringat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang diadakan di Kantor Kabupaten tanggal 17 Agustus 1998 yang lalu, ceritakan mengenai :
a) Pengaturan tempat
b) Pejabat dan undangan yang hadir
c) Acara peringatan
d) Atraksi yang disuguhkan
e) Hidangan yang diberikan
14. Buatlah 5 tes uraian dan pedoman penskoran dari 5 subtema yang berbedapada kelas yang Anda ajar yang mencangkup C1-C6. Susunlah soal tersebutdengan mempertimbangkan hal-hal pokok yang harus diperhatikan.
Jawaban:
Cara a .
Unsur intrinsik tuh yg meliputi pengarang nya , kyk : tempat tgl lahir pengarang , pendidikan
klo unsur ekstrinsik kyk : tema , alur , setting , sudut pandang , gaya bahasa , amanat , tokoh , penokohan
Contoh soal a
Hak Mendapat Pendidikan
4 September 2014 04:59 | Diperbarui: 18 Juni 2015 01:40
Bunyi dari Pasal 31 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945, yaitu :
“Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan”. Menurut saya, pasal ini menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapat pendidikan, namun sering kita jumpai di luar sana banyak anak-anak jalanan yang terlantar yang belum menyentuh pendidikan sama sekali.
Hal tersebut menurut saya adalah pelanggaran HAM sang anak untuk mendapat pendidikan. Tetapi, bukannya mendapat pendidikan, mereka malah disuruh bekerja di usia yang sangat dini.
15. Tulislah sebuah item soal pilihan ganda level c2 mata pelajaran IPS SD yang meliputi stem dan kunci jawaban disertai dengan pedoman penskoran
Jawaban:
Contoh soal pilihan ganda level C2:
Berikut ini merupakan contoh-contoh pekerjaan:
(1) pembuat tahu
(2) pengerajin patung
(3) sopir taksi online
(4) kurir barang
Pekerjaan yang termasuk ke dalam jasa adalah ….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (1) dan (4)
Kunci Jawaban : C
Pedoman penskoran:
Skor = B – S/(n-1)
Skor = B – S/(4-1)
Skor = B – S/3
Keterangan:
B = jumlah jawaban benar
S = jumlah jawaban salah
Penjelasan:
Level C2 (pemahaman) merupakan jenjang proses berpikir yang setingkat lebih tinggi dari ingatan. Butir soal dikatakan mengukur kemampuan proses berpikir pemahaman jika butir soal tersebut tidak hanya meminta pada siswa untuk mengingat kembali tentang segala sesuatu yang telah diajarkan dalam proses pembelajaran tetapi siswa tersebut harus mengerti, dapat menangkap arti dari materi yang dipelajari serta dapat melihatnya dari beberapa segi.
Post a Comment for "Pedoman Penskoran"