Contoh Soal Cerita Himpunan
Contoh soal himpunan gabungan tentang soal cerita
1. Contoh soal himpunan gabungan tentang soal cerita
Penjelasan dengan langkah-langkah:
dikelas 7A,15 siswa suka menyanyi ,10 siswa suka menari , berapa jumlah siswa yang suka menari dan menyanyi keduanya
2. contoh soal cerita himpunan dan penyelesaiannya
Contoh nya di satu sekolah siswa siswi kelas enam sedang menulis angka yang mereka suka berikut adalah keterangannya.
A =(3,4,5,6,7,8)siswa
B =(6,7,8,9,10)siswi
Sifat dari himpunan tersebut.
A=(himpunan semua angka yang disukai oleh siswa kelas enam)
B=(himpunan semua angka yang disukai oleh siswi kelas enam )
Notasinya adalah.
A = ( x l x anggota dari angka yg disukai siswa kelas enam)
B = ( x l x anggota dari angka yg disukai siswi kelas enam)
3. contoh soal cerita himpunan bagian
Sebutkan himpunan bagian dari [A, B, C, D]
Maaf kalau salah :v
4. BERIKAN SATU CONTOH SOAL CERITA DAN JAWABAN NYA MENGENAI OPERASI HIMPUNAN
Jawaban:
Suatu hari, Renald diberi tugas untuk mendata mata pelajaran apa saja sudah dikuasai 100 orang siswa kelas 7 yang akan melaksanakan ujian akhir semester.
Mata pelajaran yang menjadi topik survei Renald adalah IPA dan IPS. Dari hasil survei yang ia lakukan, diperoleh 10 siswa belum menguasai kedua mata pelajaran tersebut, 60 siswa menguasai IPA, 55 siswa menguasai IPS, dan 25 siswa menguasai keduanya.
Setelah dia hitung ulang, keseluruhan siswanya menjadi 150 siswa, padahal kan yang disurvei hanya 100 siswa. Kira-kira, apa yang salah dari survei yang dilakukan Renald? Bisakah kamu membantunya?
semoga membantu kawand, jangan lupa dijadikan jawaban tercerdas:)
dilampirkan di gambar soalnya gak tau knp tiba² ada tulisan kalau ada kata² kasarnya padahal gak ada:(
gak apa² kan kalau aku lampirkan pake gambar?
5. contoh soal cerita yang berkaitan dengan operasi himpunan
1.jumlah remaja yg berada dlm suatu RT adalah 42.jika diketahui 19 remaja suka bulutangkis,22 remaja suka sepak bola dan ada 6 remaja yang gemar keduanya.
a.himpunan jumlah remaja yg hanya suka sepak bola
b.himpunan jumlah remaja yg hanya suka bulutangkis
semoga bermanfaat.
6. 50poin 20 SOAL#HARUS_PANDAI_MENJAWABNYA.!!#MAPEL_CAMPURAN.!!#BOLEH_COPAS_DI_GOOGLE..!!#HARUS_DI_JAWAB_SEMUANYA.!!#SEMBARANG_JAWAB_DILAPORKAN.!!B.INGGRIS: DIARTIKAN:1. Where is your home located..?? 2. Is it a small or large house..??3. How many rooms are there..??4. How many people live in your house..??5. How are you..??MATEMATIKA:6. Tentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan berikut.a. 8+(-21)-(-16)b. -7+15-9c. (9-6)-(-8+4)7. siswa di kelas 7A terdapat 36 siswa. setelah dilakukan pendataan, terdapat 7 siswa gemar IPA, 9 siswa gemar matematika, dan 5 siswa gemar keduanya. Berapa banyak siswa yang tidak gemar keduanya...??8. diketahui bentuk aljabar [tex] - 6p \: + 5q - 8pq \: - 2.[/tex]tentukan:a. variabel-variabel b. koefisien c. konstanta 9. Tentukan hasil perkalian dari [tex](2 \times - 3)(x - + 4)[/tex].....10. himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan berikut:[tex]6x - 5 \geqslant 2 \times + 11[/tex]B.INDONESIA11. Sebutkan tujuan dari teks deskripsi...12. dalam jenis cerita fantasi terdapat cerita fantasi total dan irisan, coba kamu jelaskan....13. abang sebutkan dan jelaskan struktur dalam cerita fantasi....14. coba kamu buat satu contoh teks prosedur....15. Apa manfaat dari teks hasil observasi.......IPS:16. Jelaskan yang dimaksud dengan garis buju....17. Sebutkan jenis-jenis hutan berdasarkan fungsinya....18. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran penduduk...19. Apa yang dimaksud dengan dinamika penduduk...20. Apa yang dimaksud dengan pendidikan informal, formal, dan non formal...________________________TOLONG DIJAWAB.!!BOLEH COPAS DI GOOGLE.!!
Jawaban:
BAHASA INGGRIS -
1. Where Is Your Home Located ?
= Dimana rumah anda berada ?
2. Is it a small or large house ?
= Apakah itu rumah kecil atau besar ?
3.How many rooms are there ?
= Berapa banyak ruangan di sana ?
4. How many people live in your house ?
= Berapa orang yang tinggal di rumahmu ?
5. How are you ?
Apa kabar ?
MATEMATIKA -
8+(-21) = -13
-13+16 = 3
7+15-9=-1
(9-6)-(-8+4)=7
7. 24 siswa yang tidak menyukai keduannya.
8. a. Variabel-variabel : p,q, dan pq
b. Koefisien dari p = -6, q = 5, dan pq=-8
c. konstanta = -2
udh smpe situ aje:^
Penjelasan:
7. 1 Menentukan anggota-anggota dari himpunan (Himpunan) Himpunan bilangan asli kurang dari 52 Menentukan anggota himpunan A irisan anggota B komplemen (Himpunan) Tiga himpunan S, A dan B3 Menentukan banyaknya anggota himpunan A (Himpunan) Himpunan bilangan bulat antara 1 dan 104 Menentukan kelipatan anggota himpunan (Himpunan Kelipatan) 5 antara 20 dan 1005 Menentukan banyaknya himpunan bagian yang mungkin dari himpunan tersebut (Himpunan) Himpunan dengan 5 anggota6 Menentukan irisan kedua himpunan (Himpunan) Dua himpunan, himpunan bilangan prima dan himpunan bilangan ganjil7 Menentukan komplemen dari A gabung B (Himpunan) Tiga himpunan S, A dan B8 Menentukan banyaknya anggota dari A gabung B (Himpunan) Banyaknya anggta himpunan A, B dan A iris B9 Menentukan banyaknya himpunan bagian yang beranggotakan 2 elemen (Himpunan) Himpunan bagian10 Menentukan banyaknya siswa yang gemar kedua ekskul tersebut (Himpunan) Contoh kasus siswa peserta ekskul Pramuka dan PMR11 Menentukan operasi dari daerah yang diarsir. (Himpunan) Diagram venn dengan himpunan beririsan12 Menentukan peserta yang mengikuti lomba cerpen saja. (Himpunan) Contoh kasus siswa peserta lomba baca puisi dan lomba menulis cerpen13 Menyederhanakan bentuk aljabar tersebut (Bentuk Aljabar) Bentuk aljabar dengan beberapa suku14 Menentukan koefisien dari salah satu suku yang ada (Bentuk Aljabar) Bentuk aljabar dengan beberapa suku15 Menentukan banyak suku pada bentuk aljabar tersebut (Bentuk Aljabar) Beberapa bentuk aljabar16 Diberikan beberapa bentuk aljabar. Peserta didik dapat menentukan bentuk aljabar yang memiliki dua suku sejenis (Bentuk Aljabar) Beberapa bentuk aljabar17 Menyederhanakan penjumlahan bentuk aljabar tersebut. (Bentuk Aljabar) Bentuk-bentuk aljabar18 Menentukan hasil perkalian bentuk aljabar (Bentuk Aljabar) Perkalian19 Menentukan hasil perkalian bentuk aljabar (Bentuk Aljabar) Dua suku bentuk aljabar yang sama20 Menyederhanakan perkalian aljabar tersebut (Bentuk Aljabar) Dua bentuk aljabar yg berbeda21 Menentukan KPK dari ke tiga bentuk aljabar tersebut (Bentuk Aljabar) Tiga bentuk aljabar yg berbeda22 Menentukan hasil akhir dari bentuk aljabar tersebut (Bentuk Aljabar) Bentuk aljabar dan nilai dari variabel-variabelnya23 Menyederhanakan pembagian dua bentuk aljabar tersebut (Bentuk Aljabar) Dua bentuk aljabar yg berbeda24 Menentukan panjang sisi dari persegi panjang tersebut. (bentuk Aljabar) Persegi panjang diketahui luas dan lebarnya25 Menentukan persamaan linear satu variabel (Persamaan linear satu variabel) bentuk-bentuk persamaan26 Diberikan persamaan linear dg variabel x. Peserta didik dapat menentukan nilai x yang benar (Persamaan linear satu variabel) Persamaan linear27 Menentukan penyelesaian PLSV (Persamaan linear satu variabel) Persamaan linear dg variabel x 28 Menentukan penyelesaian PLSV (Persamaan linear satu variabel( Persamaan linear dg variabel x 29 Menentukan harga sebuah penggaris dan sebuah pensil. (Persamaan linear satu variabel) Aplikasi Persamaan linear30 Menentukan nilai x (Persamaan linear satu variabel) Aplikasi Persamaan linear pada bidang datar (segitiga)31 Menentukan batasan tersebut dengan notasi pertidaksamaan (Pertidaksamaan linear satu variabel) Contoh kasus32 Menentukan penyelesaian PtLSV (Pertidaksamaan linear satu variabel) Pertidaksamaan linear33 Menentukan pertidaksamaan yang ekuivalen dengan pertidaksamaan yg dimaksud (Pertidaksamaan linear satu variabel) Pertidaksamaan linear satu variabel34 Menentukan panjang kaki dari segitiga tersebut (Pertidaksamaan linear satu variabel) Soal cerita tentang segitiga sama kaki35 Menyederhanakan bentuk aljabar terebut (Pertidaksamaan linear satu variabel) Pecahan bentuk aljabarplis, jawab secepat mungkin
Jawaban:
1.{1,2,3,4}
3. {2,3,4,5,6,7,8,9}
Penjelasan dengan langkah-langkah:
cuman bisa itu untuk lainnya itu soalnya belum lengkap,kayak anggota a nya apa gitu jadi nggak bisa di kerjain
8. tolong buatin contoh soal dari indikator soal : menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan irisan dan gabungan 2 himpunantolong buatin 2 soal dan jawaban.nya...
1. Dalam suatu desa, terdapat 30 orang yang suka dengan musik dangdut dan 40 orang suka musik pop. Jika dalam suatu desa tersebut terdapat 65 warga, maka banyaknya orang yang suka kedua-duanya adalah...
Jawab:
n(A n B) = n(A)+n(B) -n(A U B)
65 = 30+40 - n(A U B)
n(A U B) = 70- 65 = 5 orang
Maka banyak orang yang suka kedua-duanya adalah 5 orang
2. Disajikan data dari makanan kesukaan 40 siswa dalam satu kelas: 23 siswa menyukai soto, 18 siswa menyukai gado-gado, dan 3 siswa tidak menyukai kedua-duanya. Banyak siswa yang hanya suka gado-gado adalah...
Jawab:
n(A n B)= n(A) + n(B) -n(A U B)
40-5 = 23+18 -n(A U B)
35= 41 - n(A U B)
n(A U B)= 41-35
n(A U B) = 6 siswa
Jadi yang hanya menyukai gado-gado adalah
18-6= 12 siswa
9. Contoh soal cerita himpunan irisan dan jawabanya
Contoh Soal :
Jika :
P = { x | 1 < x < 10, x ∈ bilangan cacah },
Q = { x | 2 < x < 10, x ∈ bilangan prima },
R = { x | 1 < x < 10, x ∈ bilangan ganjil }, maka P ∩ Q ∩ R adalah ...
Penyelesaian:
P = {2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}
Q = {3, 5, 7}
R = {3, 5, 7, 9}
Ingat, irisan himpunan adalah himpunan yang anggota-anggotanya juga merupakan anggota-anggota himpunan lainnya.
Jadi, P ∩ Q ∩ R = {3, 5, 7, 9}.
10. buatlah contoh soal cerita tentang penerapan himpunan dan jawabannya:)?¿
Jawaban:
Soal No. 1
Kelas 9C terdiri dari 31 orang siswa. Lalu ada 15 orang siswa yang mengikuti kompetisi matematika, kemudian ada juga 13 orang siswa yang mengikuti kompetisi IPA, dan sisa nya ada 7 orang siswa yang tidak mengikuti kompetisi apapun.
Maka hitunglah berapa banyak siswa yang mengikuti kedua kompetisi tersebut ?
Jawaban nya :
Misalkan ( x ) ialah banyak siswa yang mengikuti kedua kompetisi tersebut.
Maka himpunan tersebut dapat digambarkan dengan bentuk diagram venn seperti gambar yang di bawah ini :
bentuk diagram venn
bentuk diagram venn
Jumlah dari semua siswa ialah = 31 orang siswa, maka :
x + 15 – x + 13 – x + 7 = 31.
35 – x = 31.
x = 4.
Jadi, banyak siswa yang mengikuti kedua kompetisi tersebut ialah sebanyak = 4 orang siswa.
Soal No. 2
Diketahui sebuah P = { h, e, l, l, o }. Banyaknya himpunan dari bagian P tadi ialah ?
Jawaban nya :
Banyaknya anggota dari P yakni n( P ) = 5
Penjelasan dengan langkah-langkah:
Semoga membantu :)
11. Buatlah 1 contoh soal cerita tentang aplikasi himpunan dan tuliskan juga penyelesaiannya
Jawaban:
Diketahui A = {x | x ∈ P, x ≤ 25, P bilangan kuadrat}. Nyatakan himpunan A dengan mencacah seluruh anggotanya.
Jawab:
Anggota-anggota A adalah 1² = 1, 2² = 4, 3² = 9, 4² = 16, dan 5² = 25.
Jadi A = {1, 4, 9, 16, 25}.
Penjelasan dengan langkah-langkah:
Jadikan jawaban yang terbaik
12. bagaimana cara mencari jumlah siswa pada soal cerita himpunan dan contohnya
Pertama kita kurangkan jumlah siswa yang suka matematika dengan yang suka keduanya
Kemudian kita kurangkan juga jumlah siswa yang suka IPA dengan yang suka keduanya.
Terakhir, jangan lupa tambahkan jumlah siswa yang suka keduanya.
Mudah bukan?
Ayo langsung ke rumusnya..
Jumlah total siswa = (M - K) + (I - K) + K
Jumlah total siswa = (30 - 20) + (25 - 20) + 20
Jumlah total siswa = (10) + (5) + 20
Jumlah total siswa = 35 siswa.
Jadi..
Jumlah siswa dalam kelas tersebut adalah 35 siswa...
13. contoh 5 soal cerita matematika tentang himpunan beserta pembahasannyaTolong secepatnya untuk dikumpulkan besok
--Contoh Soal Cerita;Himpunan--1. Data kegiatan sarapan pagi 38 orang peserta didik adalah sebagai berikut. orang peserta didik adalah sebagai berikut. Ada 6 orang sarapan dengan roti dan nasi goreng. Ada orang 5 tidak sarapan pagi. Jika banyak peserta didik yang sarapan nasi goreng dua kali banyak peserta didik yang sarapan roti, maka banyak peserta didik yang sarapan nasi goreng saja adalah ...Pembahasan =Misalkan banyak peserta didik yang sarapan roti adalah x sehingga banyak peserta didik yang sarapan nasi goreng adalah 2x. Dengan demikian, berlaku :2x+x –6=38–53x–6=333x=39x =13. Banyak peserta didik yang sarapan nasi goreng adalah 2x = 2(13) = 26 orang. orang. Banyak peserta didik yang sarapan nasi goreng saja adalah 26 - 6 = 20 orang.2. Dari sekelompok anak terdapat 20 anak gemar voli, 28 anak gemar basket, dan 27 anak gemar pingpong, 13 anak gemar voli dan basket, 9 anak gemar basket dan pingpong, anak gemar voli dan pingpong, serta 5 anak gemar ketiga-tiganya. Jika dalam kelompok tersebut ada 55 anak, banyak anak yang tidak gemar satu pun dari ketiga jenis permainan tersebut adalahPembahasan =Misalkan x menyatakan jumlah siswa yang tidak gemar ketiga jenis permainan tersebut. menyatakan jumlah siswa yang tidak gemar ketiga jenis permainan tersebut. Berdasarkan Prinsip Inklusi-Eksklusi, berlakux =55–(20+28+27)+(13+11+9)=55–75+33–5=8. Jadi, ada 8 anak yang tidak gemar ketiga jenis permainan tersebut.3. dari 48 orang mahasiswa mahasiswa di suatu kelas, 27 mahasiswa gemar matematika, 20 mahasiswa gemar fisika, dan 7 orang gemar matematika dan fisika. Banyak mahasiswa yang tidak gemar matematika dan fisika adalah ...Pembahasan =n(S) = n(M ᴜ F) + n(M ᴜ F)ᶜn(S) = n(M ᴜ F) + n(M ᴜ F)ᶜ= [n(M) + n(F) – n(M ∩ F)] + xn(S) = n(M ᴜ F) + n(M ᴜ F)ᶜ= [n(M) + n(F) – n(M ∩ F)] + x48 = (27 + 20 – 7) + xn(S) = n(M ᴜ F) + n(M ᴜ F)ᶜ= [n(M) + n(F) – n(M ∩ F)] + x48 = (27 + 20 – 7) + xx = 8 mahasiswa.4. hasil pengamatan yang dilakukan terhadap 100 keluarga, menyatakan bahwa ada 55 keluarga yang memiliki sepeda motor dan 35 keluarga yang memiliki mobil. Jika ternyata ada 30 keluarga yang tidak memiliki sepeda motor maupun mobil, maka banyaknya keluarga yang memiliki sepeda motor dan mobil adalah ...Pembahasan =n(S) = n(A ᴜ B) + n(A ᴜ B)ᶜn(S) = n(A ᴜ B) + n(A ᴜ B)ᶜ= [ n(A) + n(B) – n (A ∩ B)] + 30n(S) = n(A ᴜ B) + n(A ᴜ B)ᶜ= [ n(A) + n(B) – n (A ∩ B)] + 30100 = (55 + 35 – x) + 30n(S) = n(A ᴜ B) + n(A ᴜ B)ᶜ= [ n(A) + n(B) – n (A ∩ B)] + 30100 = (55 + 35 – x) + 30x = 20 keluarga.5. jika 50 pengikut tes masuk suatu perguruan tinggi ada 35 calon lulus Matematika, 20 calon lulus Fisika, 10 calon lulus Matematika dan Fisika, maka banyak calon pengikut yang tidaak lulus kedua mata pelajaran itu ialah ...Pembahasan = n(S) = [n(M) + n(F) – n(M ∩ F)] + n(M ᴜ F)ᶜn(S) = [n(M) + n(F) – n(M ∩ F)] + n(M ᴜ F)ᶜ50 = (35 + 20 – 10) + xn(S) = [n(M) + n(F) – n(M ∩ F)] + n(M ᴜ F)ᶜ50 = (35 + 20 – 10) + xx = 5 calon pengikut yang tidak lulus kedua mata pelajaran tersebut.________________________nghokey itu tadi soal cerita himpunan dan pembahasannya(◍•ᴗ•◍)❤semoga membantu-!jadikan jawaban terbaik ohkey (。•̀ᴗ-)✧
14. cara mengerjakan soal himpunanyang contoh soalnya ceritacontoh 17-3(×+11)begimana caranya ?soalnya saya sebentar lagi mau ujian tetapi tidak mengerti cara mengerjakan soal himpunan
17 - 3 ( x + 11 )
14 ( x + 11 )
= ( 14 . x ) + ( 14 .11 )
= 14x + 15415. buatkan contoh soal cerita beserta jawaban himpunan menggunakan diagram venn!
Jawaban:
Contoh 1
Diketahui sebuah P = { h, e, l, l, o }. Banyaknya himpunan dari bagian P tadi ialah ?
Jawaban nya :
Banyaknya anggota dari P yakni n( P ) = 5
Banyaknya himpunan dari bagian P bisa diketahui dengan menggunakan rumus seperti di bawah ini :
2n( P )
Maka caranya ialah seperti ini :
= 2n( P )
= 25
= 32
jadi, hasil banyaknya himpunan dari bagian P tadi ialah = 32.
Contoh 2
Dari 28 orang siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dan masing – masing anak itu ada 15 orang siswa yang mengikuti pramuka, lalu kemudian 12 orang siswa yang mengikuti futsal dan yang terakhir 7 orang siswa yang mengikuti keduanya.
Maka hitunglah berapa banyak siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler pramuka maupun ekstrakurikuler futsal ialah ?
Jawaban nya :
Misalkan ( x ) ialah banyak siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler.
Banyak anak yang hanya mengikuti ekstrakurikuler pramuka ialah sebanyak 15 – 7 = 8 orang siswa.
Banyak anak yang hanya mengikuti ekstrakurikuler futsal ialah sebanyak 12 – 7 = 5 orang siswa.
Maka himpunan tersebut dapat digambarkan dengan bentuk diagram venn seperti gambar yang di bawah ini :
bentuk diagram venn
Banyak anak yang tidak mengikuti ekstrakurikuler ialah :
8 + 7 + 5 + x = 28
20 + x = 28
x = 28 – 20
x = 8 siswa
jadi, banyaknya siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler pramuka maupun ekstrakurikuler futsal ialah = 8 orang siswa.
Post a Comment for "Contoh Soal Cerita Himpunan"