Rpp Smalb Tunagrahita
Apakah keturunan dari penyandang tunagrahita akan secara otomatis menderita tunagrahita?.
1. Apakah keturunan dari penyandang tunagrahita akan secara otomatis menderita tunagrahita?.
Jawaban:
Belum tentu.
Orang tua dengan disabilitas grahita atau disabilitas intelektual belum tentu memiliki anak yang sama.
Penjelasan:
Disabilitas intelektual atau disabilitas grahita adalah keadaan seseorang yang kemampuan intelektualnya (IQ) dibawah rata rata.
Penyebab disabilitas grahita ditengarai akibat lahir prematur, infeksi otak saat bayi, infeksi saat kelahiran, kecelakaan dan lainnya.
Walaupun secara genetik bisa saja menyebakan terjadinya disabilitas grahita, namun sampai saat ini penyebab pastinya belum diketahui.
Pengenalan / deteksi sejak dini mengenai hal ini pada anak dapat membantu memperbaiki kualitas hidup anak yang ditengarai mengalami disabilitas grahita.
oleh : I G Agung Gd Kertia Adi P, S.Psi, M.Si
ak Agung Krisna79
Sarjana Psikologi dan Magister Sains Psikologi
Staf Dinas Sosial Kabupaten Badung Bidang Rehabilitasi dan Pelayanan Disabilitas.
2. 3. Sebutkan tujuan pendidikan tunagrahita berdasarkan tingkat ketunagrahitaannya
Jawaban:
tunagrahita ringan adalah
(1) agar dapat mengurus dan membina diri
(2) agar dapat bergaul di masyarakat; dan
(3) agar dapat mengerjakan sesuatu untuk bekal hidupnya
b. tujuan pendidikan anak tunagrahita sedang adalah
(1) agar dapat mengurus diri, seperti makan minum, berpakaian, dan kebersihan badan
(2) agar dapat beraul dengan anggota keluarga dan tetanga, serta
(3) agar dapat mengerjakan sesuatu secara rutin dan sederhana
c. tujuan pendidikan anak tunagrahita berat dan sangat berat adalah
(1) agar dapat mengurus diri secara sederhana ( memberitanda atau kata-kata apabila menginginkan sesuatu, seperti makanan
(2) agar dapat melakukan kesibukanyang bermanfaat ( misalnya mengisi kotak-koak dengan paku )
(3) agar dapat bergembira (seperti berlatih mendengarkan nyayian, menonton tv, menatap mata orang yang berbicaradenganya )
Penjelasan:
maaf kalau salah dan ini bisa disingkat kok
3. apakah tunagrahita bisa sembuh
Jawaban:
Hingga kini belum ada metode yang benar-benar efektif untuk menyembuhkan tunagrahita.
Penjelasan:
Yang bisa di lakukan hanya memberikan pendampingan agar Si Kecil mampu menguasai kemampuan dasar yang dibutuhkan, seperti kemampuan komunikasi, bersosialisasi, makan dan lainnya.
4. Istilah tunagrahita yang sering digunakan
jawaban:
tuna=seseorang yang kehilangan
grahita=penglihatan
buta
5. Arti dari tunagrahita, tunadaksa, tunawisma
jawab:
Tunagrahita adalah keadaan keterbelakangan mental,keadaan ini dikenal juga retardasi mental Tunadaksa adalah keadaan dimana seseorang/individu yang memiliki gangguan gerak yang disebabkan oleh kelainan neuro-muskular dna struktur tulang yang bersifat bawaan,sakit atau akibat kecelakaan, amputasi,polio,atau lumpuh Tunwisma adalah orang yang tidak mempunyai tempat tinggal/rumaharti dari tunagrahita disebut keterbelakangan mental(retardasi mental)
arti dari tunakdasa disebut cacat tubuh dan cacat fisik dimaksudkan untuk menyebutkan anak cacat
kalau arti tunawisma disebut orang yang tidak memiliki tempat tinggal
smga membantu^-^
jdikan jwbn sya terbaik yaa makasi^-^
6. Apakah hospital school hanya untul tunagrahita
sekolahan rumahsakit
7. Deka termasuk tunagrahita tipe apa? jelaskan Jelaskan faktor apa yang menjadi penentu identifikasi Deka sebagai penyandang tunagrahita dengan kategori tersebut?
Jawaban:
Karena tidak ada keterangan lebih lanjut, maka saya akan menjelaskan tentang pengelompokkan tunagrahita dan ciri-cirinya supaya kamu bisa mengidentifikasi tunagrahita pada Deka.
Penjelasan:
Tunagrahita adalah keterbatasan intelektual (intellectual disability). Seseorang yang tunagrahita artinya mempunyai kemampuan intelektual dan kognitif yang dibawah rata-rata anak pada umumnya.
Tunagrahita dikelompokkan menjadi 4, yaitu:
1. Mild (IQ 55-70)
Ciri-ciri tunagrahita pada kategori ini adalah:
Perkembangan fisik yang agak tertinggal dengan anak-anak seusianya.Mengalami kesulitan dalam belajar dan menyelesaikan tugas-tugas di sekolah.Tetap mempunyai kemampuan yang praktikal (kegiatan sehari-hari), sehingga mereka kelak dapat hidup mandiri secara normal.2. Moderate (IQ 40-55)
Ciri-ciri tunagrahita pada kategori ini adalah:
Keterbatasan dalam kemampuan berbahasa/berkomunikasi.Mempunyai kelainan fisik.Tetap dapat diajari cara untuk melakukan kegiatan sehari-hari dan mengembangkan potensinya, namun membutuhkan waktu yang agak lama.3. Severe (IQ 25-40)
Ciri-ciri tunagrahita pada kategori ini adalah:
Tidak mampu melakukan sendiri kegiatan sehari-harinya.Tidak mampu melakukan tugas-tugas sederhana.Keterbatasan dalam kemampuan berbahasa/berkomunikasi.Mempunyai kelainan fisik.Kondisi fisik lemah dan kemampuan motorik sangat terbatas.4. Profound (IQ dibawah 25)
Ciri-ciri tunagrahita pada kategori ini adalah:
Terdapat kelainan fisik seperti ukuran kepala yang sangat besar atau dalam dunia medis disebut dengan hydrochephalus dan mongolism.Membutuhkan pelayanan medis yang intensif dan terus menerus.Tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari tanpa bantuan orang lain.Pelajari lebih lanjut:
Pelajari lebih lanjut materi tentang pengertian tunagrahita dan tunadaksa https://brainly.co.id/tugas/419438
#BelajarBersamaBrainly
8. apa yang dimaksud dengan tunagrahita
setahu saya tuna grahita adalah seseorang yg mengalami keterbelakangan mental
9. apa yg dimaksud tunagrahita dan tunadaksa ???
Tunadaksa adalah individu yang memiliki gangguan gerak yang disebabkan oleh kelainan neuro-muskular dan struktur tulang yang bersifat bawaan, sakit atau akibat kecelakaan, termasuk celebral palsy, amputasi, polio, dan lumpuh.
Tunagrahita adalah individu yang memiliki intelegensi yang signifikan berada dibawah rata-rata dan disertai dengan ketidakmampuan dalam adaptasi prilaku yang muncul dalam masa perkembangan.
Tunadaksa
Tunadaksa adalah individu yang memiliki gangguan gerak yang disebabkan oleh kelainan neuro-muskular dan struktur tulang yang bersifat bawaan, sakit atau akibat kecelakaan, termasuk celebral palsy, amputasi, polio, dan lumpuh.
Ciri-ciri tunadaksa :
- anggota gerak tubuh tidak bisa digerakkan/lemah/kaku/lumpuh
- setiap bergerak mengalami kesulitan
- tidak meiliki anggota gerak lengkap
- tidak dapat tenang
- terdapat anggota gerak yang tidak sama dengan keadaan normal pada umumnya.
Tunagrahita
Tunagrahita adalah individu yang memiliki intelegensi yang signifikan berada dibawah rata-rata dan disertai dengan ketidakmampuan dalam adaptasi prilaku yang muncul dalam masa perkembangan.
Ciri-ciri tunagrahita :
- penampilan fisik tidak seimbang
- pada masa pertumbuhannya dia tidak mampu mengurus dirinya
- terlambat dalam perkembangan bicara dan bahasa
- cuek terhadap lingkungan, dll
10. viru yang mengebabkan tunagrahita
virus yang menyebabkan tunagrahita adalah rubella (campak jerman).
11. rpp manakah yang lebih bagus. rpp yang berpusat pada guru atau rpp yang berpusat pada siswa. dan berikan alasannya.
Jawaban:
RPP yang lebih bagus adalah RPP yang berfokus pada siswa. Hal ini karena tujuan akhir pendidikan adalah siswa yang berkualitas. Sementara peran guru lebih terletak kepada pendamping.
Penjelasan:
RPP merupakan rencana pokok pembelajaran. Rencana dibuat dengan mempertimbangkan ilmu pengetahuan yang akan diwariskan kepada para peserta didik serta proses yang harus ditempuh. Sebuah RPP yang ideal adalah RPP yang menekankan pada siswa sebagai peserta didik, sembari menempatkan tenaga pengajar sebagai pembimbing atau pendamping mereka selama proses pendidikan.
Pelajari lebih lanjut tetnang materi RPP pada https://brainly.co.id/tugas/7905298
#BelajarBersamaBrainly
12. apa perbedaan RPP rutin dengan RPP ptk
RPP merupakan singkatan dari RancanganPelaksanaanPembelajaran. Seorang guru wajib membuat RPP sebelum masuk ke kelas dan melakukan pengajaran kepada para siswa. RPP sangat penting karena RPP merupakan panduan seorang guru dalam mengajar agar hasil dari pengajaran dan pembelajaran di kelas dapat sesuai yang diharapkan. Berikut ini perbedaan dari RPP rutin dan RPP PTK, yaitu:
RPP rutin dibuat sekali dan akan dievaluasi setelah selesai satu periode pengajaran. Satu periode pengajaran berlangsung selama satu semester.RPP PTK sangat mungkin terjadi perubahan dari rencana awal. PTK adalah sebuah penelitian tindakan kelas yang diadakan dalam bentuk cycle atau periodependek. Dalam satu periode pengajaran biasanya hanya terdiri dari beberapa pertemuan. RPP PTK akan berubah dan mengambil masukan dari periodepengajaransebelumnya. PembahasanRPP berisi berbagai macam hal terkait dengan pengajaran di kelas. Di dalam RPP terdapat tujuan pembelajaran, hasil yang diharapkan dari proses pengajaran, metodepengajaran, dan metodeevaluasi dari sebuah proses pengajaran dan pembelajaran di kelas.
Seorang guru perlu membuat RPP sebelum mulai mengajar. Mengajar para siswa tanpaRPP akan membuat aktivitas pengajaran dan pembelajaran di kelas kurangterarah. Hal ini disebabkan guru tidak mempunyai pegangan yang jelas akan proses pembelajaran yang harus dilakukan. RPP akan membuat guru mengajar lebih runtut, sistematis dan efektif.
Pelajari lebih lanjutPengertian dari RPP https://brainly.co.id/tugas/5732581Fungsi dan Kegunaan RPP https://brainly.co.id/tugas/4385993Manfaat Media Pembelajaran pada KBM https://brainly.co.id/tugas/45312010Detail jawabanKelas: VI
Mapel: Umum
Bab: Tugas Guru dan Penelitian Tindakan Kelas
Kode: -
#AyoBelajar #SPJ2
13. Siapkan RPP yang sudah pernah Saudara kembangkan di sekolah, cermati RPP tersebut berdasarkan kelengkapan komponen, format RPP yang digunakan serta kesesuaian antar komponen dari RPP tersebut. Buat catatan-catatan dari hasil pencermatan RPP tersebut, kemudian buatlah RPP baru (rancangan pembelajaran baru) berdasarkan perbaikan dari hasil pencermatan tersebut.
jawabanterbaikkayanya
kurikurum baru dan cara belajar /materi nya berbeda
14. bagaimana cara anak tunagrahita berkomunikasi?
Berkomunikasi dengan anak tunagrahita layaknya seni melukis. Sang pelukis harus tahu kapan menggabungkan warna dan kapan harus menggoreskan efek bayangan pada gambarnya. Caranya :1. Tetap memandang si anak sebagai lawan bicara yang perlu dihormati. Menatap mata si anak, ketika ia sedang berbicara. Hal ini akan memberikan rasa bahwa apa yang dikatakannya mendapat perhatian.2. Jadilah pendengar yang baik dan aktif ketika si anak sedang bercerita, jangan sesekalli memotong pembicaraannya.3. Berubah menjadi penanya ketika ia selesai bercerita.4. Jangan bosan-bosan mengulangn pertanyaan yang kita lontarkan untuk mereka.5. Berbicaralah dengan perlahan namun jelas. Usahakan gerak bibir kita terbaca.6. Jangan pernah menghilangkan senyum manis kita ketika mendengar dan berbicara dengan mereka.7. Sesekali, berikan kontak fisik sewajarnya sebagai tanda akrab dan saling menerima.8. JIka pembicaraan sudah selesai, ajaklah mereka untuk ngobrol lagi lain kali.9. Masuki dunia mereka sebagai dunia yang unik dan asik.
15. dampak terjadinya tunagrahita adalah
Dampak Tunagrahita
Dampak dari kecacatan sosial dan emosional mereka adalah bahwa anak cacat mental tidak dapat memahami aturan sosial dan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Sehubungan dengan kecacatan intelektual, anak-anak tidak bisa mengurus diri mereka sendiri, merawat diri mereka sendiri dan memimpin.
(maaf klo salah)
Post a Comment for "Rpp Smalb Tunagrahita"