Lembar Kerja Tema Tanaman
Ide pokokLembar Kerja SiswaCarilah ide pokok paragraf berikut ini!ParagrafTeks2Seorang petani jagung, memulai pembiakantanamannya dengan menanam biji jagung.Setelah tiga sampai empat hari bakal tanamanakan muncul di permukaan tanah. Tanamanjagung akan terus tumbuh menjadi besar.Tiga hingga tiga setengah bulan, buah jagungdapat dipanen oleh petani. Buah jagung yangberbentuk seperti tongkol pada mulanya berupasekuntum bunga.Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup untuk SD/MI Kelas VV/1/33
1. Ide pokokLembar Kerja SiswaCarilah ide pokok paragraf berikut ini!ParagrafTeks2Seorang petani jagung, memulai pembiakantanamannya dengan menanam biji jagung.Setelah tiga sampai empat hari bakal tanamanakan muncul di permukaan tanah. Tanamanjagung akan terus tumbuh menjadi besar.Tiga hingga tiga setengah bulan, buah jagungdapat dipanen oleh petani. Buah jagung yangberbentuk seperti tongkol pada mulanya berupasekuntum bunga.Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup untuk SD/MI Kelas VV/1/33
Jawaban:
biji jagung tumbuh di permukaan tanah dalam 3hari dan akan terus bertambah dalam waktu tiga hingga tiga setengah bulan
Jawaban: perkembangbiakan jagung dengan menanam biji jagung
Penjelasan:
2. Lembar Kerja Siswa Bentuk Adaptasi Bentuk Dominasi Berilah tanda centang (1) pada kolom yang sesuail Bentuk Interaksi Manusia dengan . Lingkungan Alam Petani menanam sayuran di dataran tinggi. Nelayan melaut ketika cuaca cerah. Manusia membuat hujan buatan pada musim kemarau. Manusia mengembangkan tanaman bibit unggul. Medali Tematik Kelas 5 Tema 6. Panas dan Perpindahannya. Smt Genap. 02. K13
Jawaban:
petani menanam sayuran di dataran tinggi
3. ANAK-ANAK PEDULI LINGKUNGANKesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan perlu dibagikan kepada anak-anak sejakusia dini. Selain keluarga, sekolah menjadi lembaga penting lain untuk membagi kesadarantersebut. Semangat inilah yang mendasari Sekolah Dasar (SD) Avicenna Jagakarsa, bekerjasama dengan Medco Foundation, mengadakan kegiatan Avicenna Peduli Lingkungan.Salah satu bagian dalam kegiatan Avicenna Peduli Lingkungan adalah pengenalan danpengajaran bagi siswa untuk menanam tanaman dalam pot. Tim Green Pots Medco Foundationdan para guru SD Avicenna melatih para siswa untuk mengenal berbagai media tanam, metodemenanam dalam pot, menyemai benih, penanaman benih dalam pot, perawatan tanaman,pemupukan tanaman, hingga cara memanen tanaman. Para siswa yang mengikuti kegiatanini dibekali dengan buku Lembar Kerja Siswa untuk mencatat dan memonitor perkembangantanaman semenjak benih ditabur hingga tiba masa panen.Tercatat jumlah siswa yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 104 siswa. Mereka merupakansiswa kelas 4 dan kelas 5 SD Avicenna Jagakarsa. Siswa kelas 4 menanam tanaman sawi,sedangkan untuk kelas 5 menanam tanaman kangkung dalam pot dengan metode hidroponik.Berbagai dokumentasi tentang kegiatan para siswa dalam Avicenna Peduli Lingkungan disajikan.Anak-anak juga saling unjuk kreativitas dalam lomba membuat poster bertema lingkungan. Parasiswa dan guru pembimbing pun mendapat banyak apresiasi dari para orang tua murid melaluilembaran testimoni yang disediakan.1.apa saja informasi yang kamu peroleh dari teks bacaan di atas? 2.tuliskan rangkuman bacaan berdasarkan informasi yang kamu dapatkan!
Jawaban:
1.Kesadaran untuk menjaga kelesatarian perlu di mulai sejak masih masa anak anak.
2.Keaadaran untuk menjaga kelestarian perlu dibagikan kepada anak anak sejak usia dini.
Penjelasan:
Semoga membantu♥~
4. Bunga AnggrekAnggrek merupakan salah satu tanaman hias yang sangatpopuler. Anggrek dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upacarakeagamaan, sebagai hiasan maupun ungkapan duka cita. Indonesiasetidaknya memiliki 25% dari spesies tumbuhan berbunga yangada di dunia. Hal ini berarti Indonesia merupakan urutan negaraterbesar ketujuh dengan jumlah spesies mencapai 20.000 spesies,di mana 40 persen di antaranya merupakan tumbuhan endemikatau asli IndonesiaBunga anggrek bisa digolongkan menjadi dua, yaitu epifitdan terrestenal. Kategori epifit merupakan jenis anggrek yangtumbuhnya menempel pada tanaman lain, tetapi tidak bersifatparasit atau merugikan tanaman yang ditumpanginya. Contohanggrek jenis ini ialah genus Dendrobium. Bulbophyllum, dan Coelogyne. Adapun kategoriterestrial adalah anggrek yang tumbuhnya di tanah, contohnya ialah genus Spathoglottis,Calanthe, dan PaphiopedilumProses perkembangbiakan pada tanaman anggrek dapat dilakukan dengan dua cara,yaitu cara generatif dan vegetatif. Perkembangbiakan secara generatif meliputi prosespenyerbukan. Proses penyerbukan itu sendiri bisa dipahami sebagai satu peristiwa di manaserbuk san jatuh ke kepala putik. Bisa jadi proses tersebut terjadi karena penyerbukan sendiri,penyerbukan tetangga, penyerbukan silang, maupun penyerbukan bastar. Penyerbukansendiri adalah proses penyerbukan yang terjadi bila benang sari yang jatuh pada kepalaputih berasal dari bunga itu sendiri.Faktor dalam yang memengaruhi pertumbuhan anggrek adalah faktor genetik atau jenisanggrek (anggrek alam atau anggrek silangan). Anggrek alam merupakan jenis anggrekyang pertumbuhan dan proses pembungaannya relatif lebih lambat tanpa adanya perlakuanperawatan khusus. Beda halnya dengan anggrek silangan, seperti anggrek dendrobiumyang pertumbuhan dan pembungaannya relatif lebih cepat. Faktor luar yang memengaruhipertumbuhan anggrek adalah intensitas penyinaran mentari pagi, suhu, kelembapan udara,kebutuhan air, pupuk serta kecocokan tempat dan media tumbuh, sirkulasi udara, sertaserangan hama dan penyakit tanaman.Lembar Kerja SiswaI.Tulislah informasi penting dari masing-masing paragraf pada teks "BungaAnggrek"!ParagrafInformasi Penting1234Medall Tematik Kelas 6 Tema 1. Selamatkan Makhluk Hidup. Smt Gasal. N1. K13
Jawaban:
teks.. ini menunjukan bahwa teks tersebut menunjukan bahwa bunga anggrek adalah bunga khas indonesia
5. a.a.orang lain6. Segala sesuatu yang sudah menjadi miliknya danSatuan Pendidikan Sekolah Dasar (SD)Kelas/SemesterTV (Empat) / 1 (Satu)Tema: 2. Selalu Berhemat EnergiHari/Tanggal: Rabu/ 7 oktober 2020Kurikulum: 2013Petunjuk khusus :Silanglah (X) salah satu diantara huruf a,b,c dan d yang kamu anggap paling benar pada lembar jawabanyang telah disediakan!1. Rani ingin sekali melaksanakan hak dan kewajiban a. Hayalanc. Masa depansecara seimbang. Yang dimaksud dengan kewajiban b. Hakd. kewajibanadalah...7. naura diberi hak untuk menonton televisi sikap nauraSesuatu yang diberikan kepada orang lain karena seharusnya adalah ...ingin pujianmenonton televisi sampai larut malamb. Segala sesuatu yang harus diperlihatkan kepada b. menonton televisi sesuai waktunyamembiarkan televisi hidup terusC. Segala sesuatu yang harus diperoleh ataud. menonton sambil belajardidapatkan8. pada saatbermain bersama teman disekolah sikap kitad. Segala sesuatu yang harus dilaksanakan dengan adalah ...penuh tanggung jawaba membeda-bedakan teman2. Salah satu kewajiban anak dirumah adalah ...b. mengejek temanMematikankeran air setelah mandiCsdaling menghargaib. Mendengar penjelasan gurud. mencela temanc. Mendapatkan kasih sayang9. berikut ini yang bukan kewajiban anak di masyarakatd. Menggunakan seragamadalah ...3. Perilaku dibawah ini yang menunjukkan sikap boros a bermain dengan teman sebayadalam menggunakan energi adalahb. mematuhi aturan yang berlakuBerjalan kaki untuk pergi ketempat yang dekatikut menjaga kebersihanb. Tidak segera mematikan kompor saat aird. bersikap sopanmendidih10. berikut ini contoh hak yaitu ...Merawat tanamanMematikan keran air saat sikat gigid. Memadamkan lampu saat siang harib. menjaga kebersihan airc. mendapatkan air bersih4. Pernyataan berikut ini yang benar adalah ...d. mengolah sumber daya alamHak adalah sesuatu yang harus dilakukanb. Mendahulukan hak dari pada kewajiban11. agar percobaan berhasil dan mudah dilakukan harusMendahulukan kewajiban dari pada hakmengikuti...tekswawancaraC. ringkasand. Kewajiban adalah sesuatu yang diterimab. pengantard. petunjukc. Pekerjaan12. berikutini yang tidak perlu disajikan saat membuatd. Kewajibanlaporanhasil percobaan yaitu ...cara mendapatkan bahan yang diperlukanb. alatdan bahan yang digunakantidak boleh dirampas oleh orang lain, disebut ...T.P.2020/2021 UTSSemester 1a.C.aa.с.a5. Hemat energi adalah .. kita semuaHakа.b. PeranaTema 2 Kelas IV
Jawaban:
6.a 7.b 8.a 9.c 10.d 11.a 12.d
6. Ayo Membaca3.7 dan 4.7 Bahasa IndonesiaBacalah teks berikut!Anak-Anak Peduli LingkunganKesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan perlu dibagikan kepada anak-anak sejakusia dini. Selain keluarga, sekolah menjadi lembaga penting lain untuk membagi kesadarantersebut. Semangat inilah yang mendasari Sekolah Dasar (SD) Avicenna Jagakarsa, bekerjasama dengan Medco Foundation, mengadakan kegiatan “Avicenna Peduli Lingkungan”.Bagi SD Avicenna Jagakarsa, kegiatan “Avicenna Peduli Lingkungan" merupakanbagian dari pelaksanaan misi sekolah tersebut. Guna membentuk makhluk sosial yangpeduli terhadap kebangsaan dan pelestarian lingkungan. Demikian juga bagi MedcoFoundation. Organisasi sosial ini mempunyai misi dan kegiatan-kegiatan di bidanglingkungan untuk masyarakat.Salah satu bagian dalam kegiatan "Avicenna Peduli Lingkungan" adalah pengenalandan pengajaran bagi siswa untuk menanam tanaman dalam pot. Tim Green Pots MedcoFoundation dan para guru SD Avicenna melatih para siswa untuk mengenal berbagaimedia tanam, metode menanam dalam pot, menyemai benih, penanaman benih dalam pot,perawatan tanaman, pemupukan tanaman, hingga cara memanen tanaman. Para siswayang mengikuti kegiatan ini dibekali dengan buku Lembar Kerja Siswa untuk mencatat danmemonitor perkembangan tanaman semenjak benih ditabur hingga tiba masa panen.Tercatat jumlah siswa yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 104 siswa. Merekamerupakan siswa kelas 4 dan kelas 5 SD Avicenna Jagakarsa. Siswa kelas 4 menanamtanaman sawi. Sementara untuk kelas 5 menanam tanaman kangkung dalam pot denganmetode hidroponik. Rangkaian kegiatan "Avicenna Peduli Lingkungan" yang dimulai sejak30 Oktober 2014 ini dipamerkan kepada para orang tua murid dalam acara "Workshop SDAvicennba Jagakarsa", 13 Desember 2014 lalu. Berbagai dokumentasi tentang kegiatanpara siswa dalam "Avicenna Peduli Lingkungan" disajikan. Anak-anak juga saling unjukkreativitas dalam lomba membuat poster bertema lingkungan. Para siswa dan gurupembimbing pun mendapat banyak apresiasi dari para orang tua murid melalui lembaranAyo Berlatih3.7 dan 4.7 Bahasa IndonesiaBacalah kembali bacaan tersebut dengan saksama! Kemudian, jawablah pertanyaanberikut ini!1. Apa judul teks bacaan di atas?Jawab:2. Sebutkan kata kunci dalam teks bacaan di atas!Jawab:3. Apa saja informasi yang kamu peroleh dari teks bacaan?Jawab:4. Tuliskan rangkuman bacaan berdasarkan informasi yang kamu dapatkan!Jawab:
Jawaban:
A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!
1. Penjajahan merupakan peristiwa yang menyedihkan karena rakyat yang dijajah mengalami ….
a. Pendidikan
b. Penindasan
c. Petualangan
d. Perjuangan
2. Dahulu banyak bangsa Eropa yang ingin menguasai Indonesia, antara lain dikarenakan ….
a. Indonesia mempunyai laut yang luas
b. Indonesia memiliki banyak harta karun di laut
c. Indonesia memiliki teknologi yang maju
d. Indonesia kaya akan rempah-rempah
3. Bangsa-bangsa di bawah ini pernah menjajah Indonesia, kecuali ….
a. Portugis
b. Belanda
c. Perancis
d. Jepang
4. Kedatangan bangsa-bangsa eropa ke Indonesia pada awalnya untuk ….
a. Berdagang
b. Penelitian
c. Mengabdi
d. Mencari kerja
5. Bangsa Belanda datang ke Indonesia pada tahun 1596 yang mendarat di Banten dipimpin oleh ….
a. Cornelis de Houtman
b. Vasso Da Gama
c. Pieter Both
d. Jan Pieterszoon
6. Daerah Maluku menjadi daya tarik bangsa Portugis untuk dikuasai, karena daerah tersebut merupakan penghasil ….
a. Tebu dan kopi
b. Emas dan perak
c. Cendana dan Jati
d. Cengkih dan Pala
7. Latar belakang bangsa-bangsa eropa ke Indonesia memiliki semboyan 3G, yaitu ….
a. God, Globe, Glory
b. Gold, Gospel, Glory
c. God, Gospel, Glory
d. God, Gold, Gospel
8. Penjajahan harus dihapuskan di dunia karena ….
a. Menyengsarakan rakyat
b. Membuat banyak negara baru
c. Menimbulkan budaya modern
d. Membuat negara yang dijajah cepat kaya
9. Benda-benda di bumi ini digolongkan menjadi 3 jenis berdasarkan sifatnya yaitu ….
a. Padat, angin dan panas
b. Padat, cair dan gas
c. Cair, beku dan uap
d. Padat, uap dan air
10. Benda yang memiliki sifat tidak mudah berubah bentuk jika dipindahkan adalah benda ….
a. Padat
b. Cair
c. Panas
d. Uap
11. Benda cair akan memiliki bentuk sesuai dengan ….
a. Warnanya
b. Rasanya
c. Wadahnya
d. Volumenya
12. Benda cair bisa merambat melalui serat-serat halus seperti pada benda yang berbahan ….
a. Besi
b. Emas
c. Kain
d. Kaca
13. Di bawah ini yang termasuk benda gas adalah ….
a. Oksigen
b. Detergen
c. Agar-agar
d. Bensin
14. Balon yang ditiup akan mengembang lebih besar, hal ini menandakan bahwa benda gas ….
a. Tidak dapat berubah bentuk
b. Hanya bisa berada dalam balon
c. Dapat menempati ruang
d. Bertambah banyak jika ditiup
15. Sistem tanam paksa yang diberlakukan Belanda pada rakyat Indonesia dinamakan ….
a. Rodi
b. Romusa
c. Land-Rente
d. Cultuurstelsel
16. Pemerintahan kolonial Inggris mengangkat Thomas Stamford Rafles sebagai Letnan Gubernur di Indonesia, kedmuan ia membuat kebijakan bahwa setiap tanah adalah milik negara. Sehingga setiap rakyat diharuskan untuk ….
a. Menjual sawahnya
b. Membayar pajak
c. Bercocok tanam
d. Membeli tanah
17. Berikut ini yang merupakan peristiwa membeku adalah ….
a. Perubahan kapur barus yang lama-lama menghilang
b. Air yang menguap karena dipanaskan
c. Air yang menjadi es di dalam kulkas
d. Mentega yang meleleh di atas wajan
18. Proses perubahan benda cair menjadi gas dinamakan ….
a. Menyublim
b. Menguap
c. Membeku
d. Mengembun
19. Santi mempunyai es krim, ia lupa meletakkannya di atas meja. Setelah berapa lama es krim tersebut sudah lumer dan meleleh. Hal ini termasuk peristiwa ….
a. Membeku
b. Menyublim
c. Mencair
d. Menguap
20. Salah satu tokoh Belanda yang menentang adanya tanam paksa adalah ….
a. Van Den Bosch
b. Herman W. Daendels
c. Douwes Dekker
d. Jan Pieterszoon
21. Sultan Ali Mughayat Syah adalah salah satu tokoh yang berhasil membebaskan rakyat dari usaha penguasaan bangsa Portugis di daerah ….
a. Banten
b. Cirebon
c. Tidore
d. Aceh
22. Tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional, pemilihan tanggal tersebut bertepatan dengan lahirnya sebuah organisasi di awal pergerakan nasional yaitu organisasi ….
a. Perhimpunan Indonesia
b. Sarekat Islam
c. Indische Partij
d. Budi Utomo
23. Hal-hal berikut ini merupakan faktor internal adanya pergerakan nasional yang dilakukan rakyat Indonesia, kecuali ….
a. Kemenangan Jepang atas Rusia
b. Lahirnya golongan pelajar
c. Kesengsaraan rakyat yang berkepanjangan
d. Sejarah gemilang di masa lampau
24. Peristiwa sumpah pemuda terjadi pada tanggal ….
a. 27 Nopember 1908
b. 20 Mei 1908
c. 28 Oktober 1928
d. 17 Agustus 1945
25. Di bawah ini yang bukan merupakan isi dari sumpah pemuda adalah ….
a. Kami putra dan putri Indonesia, mengakui bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
b. Kami putra dan putri Indonesia, mengakui bernegara yang sama, negara Indonesia
c. Kami putra dan putri Indonesia, mengakui berbangsa satu, bangsa Indonesia
d. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia
B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Bangsa Eropa pertama yang menjajah Indonesia adalah ….
7. soal ↑teks↓Kesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan perlu dibagikan kepada anak-anak sejak usia dini. Selain keluarga, sekolah menjadi lembaga penting lain untuk membagi kesadaran tersebut. Semangat inilah yang mendasari suatu sekolah dasar di Jakarta mengadakan kegiatan "Peduli Lingkungan".Bagi sekolah dasar tersebut, kegiatan "Peduli Lingkungan merupakan bagian dari pelaksanaan misi sekolah tersebut, yaitu untuk membentuk makhluk sosial yang peduli terhadap kebangsaan dan pelestarian lingkungan. Sekolah ini bekerja sama dengan organisasi nirlamba yang biasa memiliki misi dan kegiatan-kegiatan di bidang lingkungan untuk masyarakat.Salah satu bagian dalam kegiatan "Peduli Lingkungan tersebut adalah pengenalan dan pengajaran bagi siswa untuk menanam tanaman dalam pot. Tim pelatih dari Peduli Lingkungan melatih para siswa untuk mengenal berbagai media tanam, metode menanam dalam pot, menyemai benih, penanaman benih dalam pot, perawatan tanaman pemupukan tanaman, hingga cara memanen tanaman. Para siswa yang mengikuti kegiatan ini dibekali dengan buku LKS untuk mencatat dan memonitor perkembangan tanaman semenjak benih ditabur hingga tiba masa panen.Tercatat jumlah siswa yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 104 siswa. Mereka merupakan siswa dari kelas 4 dan kelas 5. Untuk siswa kelas 4 mereka menanam tanaman sawi sedangkan untuk kelas 5 menanam tanaman kangkung dalam pot dengan metode hidroponik. Rangkaian kegiatan "Peduli Lingkungan" ini dimulai sejak bulan Oktober hingga November 2019. Pada akhir kegiatan, berbagai dokumentasi kegiatan para siswa dalam "Peduli Lingkungan" disajikan. Anak-anak juga saling unjuk kreativitas dalam lomba membuat poster bertema lingkunga. Para siswa dan guru pembimbing pun mendapat banyak apresiasi dari para orang tua murid melalui lembaran testimoni yang disediakan.JANGANNNN NGAWURR!!!!
Jawaban:
menjadi manusia kita harus mempunyai kesadaran untuk menjaga lingkungan yang baik agar terawat dengan baik
8. PENILAIAN AKHIR SEMESTER II SEKOLAH DASARTAHUN PELAJARAN 2019/2020MGL-13Tema: SubfemaKelas6/(1,2,3)VI (Enam)Hari. TanggalWaktuSenin, 23 Maret 202007 30-09.00Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling benar padalembar jawab yang tersedial14Setiap warga negara memiliki kewajibanterhadap lingkungannya. Salah satu contohkewajiban warga negara terhadap lingkungannya adalaha membuang sampah di tempat yang jauh darirumahb. membersihkan lingkungan yang kotorC, menanam tanaman tanpa dirawatd. menggunakan air sebanyak-banyaknyaKalimat utama pada paragraf 2 adalaha Biasanya yang diberikan hak cipta atas isibuku adalah penulis dan penerbit.b. Sebagai contoh hak cipta dalam penerbitanbukuc. Salah satu bentuk hak warga negara Indone-sia adalah mendapatkan perlindunganhukumd. Perlindungan hukum juga bisa diberikan atashak kekayaan intelektual seseorang sepertihak ciptaMakna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia.Kata kunci dari judul di atas adalaha Bangsa Indonesiab. Makna Bangsac. Proklamasi Indonesiad. Makna ProklamasiBacalah teks di bawah ini untuk menjawab soalnomor 3 - 415. Perhatikan pernyataan di bawah ini!1) Suara lebih melengkingii) Jakun tampak membesar11) Pinggul melebar) Tumbuh rambut tipis dibagian tubuh selainrambut kepalaDari pernyataan di atas yang merupakan ciripubertas perempuan adalaha i, ii, dan ilib. ii, iii, dan ivc. i, ii, dan ivd. i, ii, dan ivHak sebagai Warga Negara IndonesiaHak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milikseseorang atau sesuatu yang seharusnya diterimaseseorang Hak warga negara Indonesia ditentukandalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945. Berdasarkanketentuan dalam Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945 hak warga negaraIndonesia banyak bentuknya.Masa ketika seorang anak mengalamiperubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsialat reproduksi disebut masa....a tuab. mudac. pubertasd. balitaSalah satu bentuk hak warga negara Indonesiaadalah mendapatkan perlindungan hukum Hak inidapat diperoleh warga negara Indonesia, misalnyadalam bentuk perlindungan hukum saat menjadisaksi dalam perkara hukum. Perlindungan hukumjuga bisa diberikan atas hak kekayaan intelektualseseorang seperti hak cipta. Sebagai contoh, hakcipta dalam penerbitan buku. Biasanya yang di-berikan hak cipta atas isi buku adalah penulis danpenerbitPara pahlawan mengusir penjajah dengan sikappantang menyerah. Upaya yang dilakukan untukmempertahankan kemerdekaan adalah ...a. mengisi kemerdekaan dengan bekerja terusmenerusb. meniru semua budaya baratc. mengunggulkan sukunya sendirid. mengisi dengan hal yang positif3. Gagasan utama pada paragraf 1 adalaha hak warga negara Indonesiab. Undang-Undang Dasar Negarac. pasal Undang-Undangd. sesuatu yang harus diterima
jawabannya : B,C,A,B,C,B
maap kalo salah :)
Jawaban:
B,C,A,B,C,B
Penjelasan:
semoga membantu makasoh
Post a Comment for "Lembar Kerja Tema Tanaman"